kartu kredit

Tips Memberikan Kartu Kredit untuk Anak

kartu kredit anak remaja
Kartu kredit untuk anak remaja

Ternyata memberikan kartu kredit  kepada anak remaja Anda justru merupakan pelatihan kepercayaan dan tanggung jawab bagi anak dan orang tua, sebagaimana diungkapkan oleh Maria Sukrisman, vice president, card marcom & strategic head, Citibank N.A Indonesia.  Selain itu, juga mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya sendiri.

Tapi, tentu saja jika tidak digunakan dengan benar, memberikan kartu kredit untuk anak remaja Anda bisa mendatangkan bencana keuangan. Nah, disinilah peran Anda sebagai orangtua untuk membimbing dan mengawasi penggunaan kartu ini. Bagi Anda yang berniat membekali anak dengankartu kredit, simak  tips-tips berikut yang dikutip dari wolipop:

  1. Tidak ada batasan usia yang tepat memberikan fasilitas ini untuk anak. Jika Anda merasa anak telah membutuhkan dan memahami fungsinya, maka Anda dapat memberikannya.
  2. Ajarkan dan berikan contoh menggunakan kartu kredit yang baik melalui sikap Anda menggunakannya.
  3. Sampaikan pada anak bahwa pemberian kartu ini adalah sebuah penghargaan untuknya. Sehingga mereka harus bertanggung jawab ketika menggunakannya.
  4. Berikanlah hanya satu kartu kredit untuk anak Anda. Buatlah kesepakatan mengenai limit kartu kredit anak.
  5. Diskusikan bagaimana cara anak Anda akan membayar cicilan kartu. Apakah dengan memotong uang saku bulanannya atau cara lain. Hal ini akan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab atas setipa pengeluaran yang ia lakukan.
  6. Kaji ulang dan diskusikan tagihan setiap bulan. Bila Anda menemukan hal-hal yang tidak sesuai atau tidak perlu dallam tagihan, ajaklah mereka membicarakannya. Melalui hal ini Anda bisa mengajarkan anak mengenai bunga dan pentingnya untuk melunasi tagihan tepat waktu.
Iklan

6 thoughts on “Tips Memberikan Kartu Kredit untuk Anak

  1. -_- iya tapi Αϑα jg kan khusus anak kecil kartu kreditnya terus ortu jg harus ajarin ank cara menggunakannya dgn baik louu! Lebih baik untuk menabung kan ?

    1. iya memang lebih baik menabung, tapi asal digunakan dengan benar dan bertanggung jawab, serta ada pengawasan orang tua, menggunakan kartu kredit untuk anak tidak masalah. terima kasih sudah mampir 🙂

  2. Bagus banget artikelnya… Saya belum bisa membuat artikel sebagus ini,,,
    hati-hati aja, sekarang banyak anak yang kurang ajar,,, banyak uniko, artinya usaha nipu kolot (singkatan dalam bhs sunda)
    kalo di translate ke bhs indonesianya, menipu orang tua.. Haha
    salam kenal ya dari apep saprol kalo ada waktu.. Mampir ke blog saya.. Terimakasih

    1. Terima kasih 🙂
      iya tentu saja orang tua memang tetap harus memantau penggunaannya. Kalau dirasa anak tidak mampu menggunakannya dengan baik, lebih baik tidak usah diberikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s