Kredit Usaha

Jangan Pernah Hindari Utang Anda

bayar hutang kreditMeminjam uang atau kredit usaha untuk modal usaha adalah hal yang lazim dilakukan oleh pengusaha. Namun, kadang justru ada oknum pengusaha yang memilih untuk melarikan diri dari utang ketika ternyata bisnis yang dilakukan tengah berada di bawah dan terjerat oleh utang yang tidak mampu dibayarnya.

Menurut F Wibawa, seorang pengusaha besar Indonesia, membayar utang merupakan elemen penting dalam kultur berbisnis. Betapapun sulitnya, membayar hutang  harus dilakukan meskipun harus menjual seluruh aset perusahaan sekalipun. Bagi seorang pengusaha yang sukses, membayar utang adalah bagian dari martabat, integritasreputasi, dan menjaga kesehatan perusahaan. Tidak membayar atau gagal membayar utang merupakan aib bagi wirausaha, wibawa mereka sebagai pemimpin bisa akan tidak dianggap lagi di depan karyawan dan staff .

Elijah Frankle Widjaja pun pernah mengalaminya dan terjebak utang. Pengusaha Indonesia yang berkiprah di Shanghai ini  menjual semua aset miliknya untuk dapat melunasi semua hutangnya ketika usahanya sempat mengalami kemunduran dan ia terancam gagal bayar utang. Ia memang selalu berpergang teguh pada pesan ayahnya,   “Namanya utang, ya, harus dibayar. Sekali gagal bayar utang atau sekali menghindari bayar utang, karier sebagai usahawan selesai,” ujar sang Ayah. Di luar dugaan, ayahnya yang juga seorang pengusaha ternama di Indonesia, Eka Tjipta Widjaja, kembali meminjamkan modal kepadanya.  Setelah itu, belajar dari kegagalan ia berusaha lebih giat lagi dan dalam waktu satu setengah tahun proyek hotel dan apartemennya selesai, bahkan habis terjual.

Membayar utang dan pajak merupakan cermin tingginya martabat dan moral pengusaha dalam dunia bisnis. Begitu Anda bermain-main dengan urusan moral ini, bukan hanya nama baik hancur tetapi juga mitra bisnis akan enggan berhubungan dengan Anda. Jadi, hadapilah dan jangan hindari utang Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s