kartu kredit · tips n triks

Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit

Aman berbelanja online dengan kartu kredit
Aman berbelanja online dengan kartu kredit

Tahukah Anda bahwa berbelanja online dengan kartu kredit ternyata menawarkan perlindungan dari pencurian identitas lebih baik dari pada dengan kartu debet.  Karena bila kita melaporkan penipuan tersebut dalam jangka waktu 60 hari uang kita bisa kembali. Namun, tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati, lebih baik mencegah terjadinya penipuan daripada harus mengalaminya, bukan? Berikut adalah tips untuk berbelanja online secara aman dengan kartu kredit yang dikutip dari idtheftabout:

  • Gunakan kartu kredit sekali pakai. Cara kerja kartu kredit sekali pakai sama seperti gift card atau kartu telepon. kita menaruh sejumlah dana pada kartu tersebut, kita bisa mengisi ulang atau membuat yang baru ketika kita dana tersebut habis. Keunggulan lain dari kartu ini adalah  jika kartu ini dicuri, pencuri tidak akan mendapat akses ke dana yang lebih dari jumlah uang yang tersisa dalam kartu.
  • Jangan berbelanja di komputer umum seperti warnet atau perpustakaan umum. Karena kita tidak tahu siapa saja yang menggunakan komputer itu. Apaalgi jika ternyata kita termasuk orang yang pelupa sehingga ada kemungkinan kita lupa log out dan akun kita dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab.  Ditambah lagi kita juga tidak mempunyai kontrol keamanan atas spyware dan malware yang ada di komputer tersebut.
  • Pastikan keamanan website. Kita dapat memastikan keamanannya dengan cara meilhat URL situ web tersebut. Situs yang aman dimulai dengan “https://” bukan “http://”. Terdapat juga ikon gembok kecil di sudut kiri atau kanan alamat website.
  • Jangan simpan informasi Anda di tempat lain. Banyak situs menawarakan kemampuan untuk menyimpan informasi kartu kredit di server mereka dengan alasan untuk kemudahan berbelanja. Memang dengan menyimpan data kita, berbelanja akan menjadi lebih mudah dan cepat, namun pikirkan resiko yang terjadi jika suatu saat website itu mengalami kebocoran data, data kita tentu akan dalam bahaya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s