kredit kendaraan · kredit motor

Kiat Menaksir Harga Motor Bekas

Harga motor bekas
Harga motor bekas

Pemandangan ruas jalan yang dipenuhi oleh motor adalah hal yang lumrah di Jakarta. Ya, motor memang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia sebagai “senjata” untuk mengalahkan kemacetan ibukita. Ditambah lagi, kini banyak lembaga keuangan yang menawarkan fasilitas kredit kendaraan roda dua ini, baik baru maupun bekas dengan harga yang lebih murah lagi. Khusus untuk motor bekas, sebagai pembeli kita harus lebih teliti baik dalam memilih maupun menerima tawaran harga yang diberikan oleh dealer atau showroom. Nah, bila Anda berniat untuk membeli motor bekas,  berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkirakan harga motor yang akan Anda beli:

 

  • Cek harga terbaru dari motor bekas yang ingin dibeli. Jadikan sebagai patokan untuk menentukan harga termahal yang bisa Anda dapat dari motor bekas tersebut.
  • Ceklah tahun pembuatan motor. Bila tahun pembuatannya sudah lama harganya tenetu bisa turun atau lebih murah dibandingkan dengan motor yang tahun pembuatan yang masih baru.
  • Hitung durasi pemakaian dengan melihat speedometer. Semakin lama durasi pemakaian akan membuat kondisi mesin cepat turun dan harganya bisa lebih rendah daripada motor yang jarang digunakan.
  • Cari tahu lokasi pemakaian motor sebelumnya, lokasi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap sebuah motor terutama pada mesin. Motor sering digunakan pada jalan yang tidak bagus atau daerah yang bergelombang, harganya akan lebih murah daripada dengan motor yang digunakan di jalanan yang mulus.
  • Riwayat pemakai. Bila pemilik sebelumnya menggunakannya dengan hati-hati dan rajin merawat motor tentu harganya akan menjadi lebih mahal, namun ini tidak akan merugikan Anda, karena motor dalam keadaan yang masih bagus ketika di tangan Anda.
  • Cek kelengkapan surat dan bukti kepemilikan motor. Harga motor bekas yang tidak memiliki surat bukti kepemilikan biasanya sangat murah. Namun sebaiknya Anda tidak membeli motor tanpa kelengkapan surat dan bukti kepemilikan. Selain mengurusnya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, Anda juga beresiko berhubungan dengan hukum bila ternyata motor tersebut adalah hasil curian.
sumber: berbagai sumber.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s