KPR · tips n triks

Sukses Negosiasi Rumah dengan KPR

Kadang preses negosiasi untuk KPR tidak berjalan mulus sesuai dengan keinginan Anda. Entah karena terlalu terburu-buru menerima penawaran harga atau lainnya. Agar hal itu tidak menimpa Anda ada beberapa hal yang harus  diperhatikan saat bernegosiasi KPR  agar mendapatkan harga yang sesuai dengan kemampuan kantung Anda.

negosiasi KPR
negosiasi KPR

 

  • Jangan pernah terburu-buru. Walaupun mungkin Anda langsung merasa jatuh cinta ketika melihat rumah KPR tersebut, jangan tunjukan rasa itu atau terburu-buru setuju dengan harga yang ditawarkan. Sebab Anda akan mendapatkan harga jual yang lebih mahal. Tahan emosi Anda dan lakukanlah penawaran dengan tenang.
  • Jangan terpengaruh oleh broker/penjual, carilah harga rumah pembanding di lokasi yang sama atau berdekatan. Penjual atau broker biasanya dengan berbagai cara akan berusaha mempengaruhi pembeli agar cepat membeli rumah yang mereka tawarkan. Anda harus tetap tenang dan sebaiknya jangan segera melakukan penawaran. Lakukanlah pengecekan harga pasaran rumah KPR di sekitar daerah tersebut.
  • Lakukan penawaran dengan harga yang lebih rendah. Berbekal survey harga rumah yang telah Anda lakukan, Anda bisa mengajukan penawaran dengan patokan harga KPR yang pasti. Tetaplah ajukan harga yang lebih murah daripada harga yang ditawarakan. Meskipun harga penawaran telah sama dengan harga rumah sekitar.
  • Lakukan penawaran agar pajak penjualan juga ditanggung pihak penjual. Masih banyak yang belum mengetahuii peraturan perundangan pajak yang baru perihal pajak jual beli yaitu 5% penjual dan 5% pembeli. Oleh karena itu Anda harus mengusahakan agar penjual juga turut menanggung pajak. Hal ini tentunya akan turut meringankan beban pajak yang Anda tanggung.
  • Jangan lakukan pembayaran DP sebelum ada surat persetujuan KPR dari Bank tempat Anda mengajukan KPR. Bila penjual tetap memaksa maka usahakan agar DP yang Anda berikan berjumlah sekecil mungkin.
  • Mintalah tenggang waktu pembayaran. Mengingat pembayaran menggunakan KPR dari bank maka mintalah tenggang waktu kepada penjual sambil menunggu proses pencairan dana. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu-1 bulan.

 

Semoga bermanfaat. (raw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s