Kredit Usaha · Uncategorized

Hindari 5 Kesalahan dalam Rencana Bisnis untuk Kredit Usaha

Kehatian-hatian dalam menyusun rencana bisnis sangat diperlukan. Bagaimana tidak, ketika kita mengajukan  kredit usaha ke bank atau calon investor bisnis, yang akan dilihat adalah rencana bisnis kita. Untuk itu, rencana bisnis ini harus disusun dengan cermat dan sebisa mungkin hindari kesalahan didalamnya. Karena kesalahan dalam penyusunan rencana bisnis ini bisa jadi awal dari kehancuran bisnis.

 

Kesalahan Rencana Bisnis untuk Kredit Usaha

 

Berikut adalah 5 kesalahan yang sebaiknya kita hindari ketika menyusun rencana bisnis di antarannya:

Kesalahan Rencana bisnis
Kesalahan Rencana bisnis
  • Proyeksi keuangan yang tidak realistis. Investor dan bank pemberi kredit usaha mengharapkan untuk melihat rencana bisnis yang menggambarkan rencana proyeksi keuangan yang realistis sebagai antisipasi perkembangan usaha.
  • Tidak memiliki target konsumen yang jelas. Kita harus menentukan pasar usaha kita dan menyajikan gambaran yang jelas akan target konsumen.
  • Terlalu heboh. Rencana bisnis yang terlalu heboh dan terlalu banyak menggunakan kata superlatif (ter-) bisa menjatuhkan rencana bisnis kita.  Buatlah bank pemberi kredit usaha tertarik dengan ide bisnis kita, bukan karena kata-kata yang berlebihan.
  • Riset yang buruk.  Pastikan riset Anda akurat, up-to-date, dan dapat diverifikasi.
  • Tidak fokus terhadap kompetitor. Jangan sampai menganggap remeh atau menutup-nutupi keadaan kompetitor yang sebenarnya dengan anggapan bahwa bank akan memberi kredit usahas jika saingan kita tidak terlalu berat. Bank pemberi kredit usaha justru lebih perlu untuk mengetahui bagaimana persaingan bisnis dan bagaimana rencana kita untuk bersaing dengan mereka.

 

Selain lima kesalahan fatal di atas, beberapa kesalahan umum lainnya adalah penulisan yang tidak menarik dan bertele-tele. (raw)


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s