kartu kredit

8 Langkah Hindari Hutang Kartu Kredit

Kartu kredit dicinta juga dibenci. Bagaimana tidak, kemudahannya dalam melakukan transaksi sangat membantu kita. Namun dengan penggunaan yang tidak bijaksana, tak jarang banyak yang terjerat hutang kartu plastik ini. kadang dijadikan kambing hitam sebagai penyebab dari kekacauan kondisi keuangan.

8 Langkah Hindari Hutang Kartu Kredit

 

Berikut adalah  8 langkah bijak menggunakan kartu kredit  agar terhindar dari hutang kredit.

Bijak gunakan kartu kredit
Bijak gunakan kartu kredit

 

  • Kartu kredit adalah uang pinjaman. Ketika kita pikir membeli gadget  mahal adalah hal yang mudah, tunggu sampai kita melihat tagihan kartu. Ini akan memberikan kita kesadaran bahwa kartu kredit adalah pembayaran yang ditunda, bukan pembelian yang gratis.
  • Beli semampunya. Jangan membeli barang dengan harga yang diluar kemampuan cicilan bulanan. Ingatlah bunga yang semakin menumpuk ketika kita gagal membayar secara penuh tagihan kartu kredit.
  • Hindari membeli hal-hal “kecil” seperti kopi atau fast food, biasanya hal-hal remeh seperti ini yang justru akan bertambah dengan cepat.
  • Bayar sebelum jatuh tempo. Kita akan dikenakan biaya tambahan jika terlambat membayar tagihan kartu.
  • Bijak dalam berbelanja. Membeli barang dengan menggunakan kartu kredit memang sangat mudah. Tapi tahanlah diri kita, beli yang  dibutuhkan, bukan yang  diinginkan.
  • Bayar lebih dari tagihan minimum. Kartu kredit umumnya menetapkan pembayaran minimum tagihan kartu kredit sebesar 10% dari totalnya. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak dapat membayar lebih dari jumlah itu. Semakin banyak yang kita bayarkan, semakin sedikit sisa tagihan yang dikenakan bunga. Artinya semakin sedikit pula hutang kita.
  • Jaga jumlah kartu. Sebaiknya jangan memiliki kartu kredit lebih dari dua atau tiga kartu, apalagi jika kita menggunakan kartu itu sekaligus. Meskipun setiap penerbit kartu memiliki fasilitas yang berbeda, pilihlah yang terbaik bagi kita.
  • Tukarkan Rewards. Setiap kali kartu kredit digunakan, artinya kita telah mengumpulkan point yang bisa ditukarkan. Nah, bila point ini sudah terkumpul banyak, kita bisa tukarkan dengan barang atau promo yang  diperlukan. Hal ini tentu menguntungkan apalagi jika kita bisa menukarnya dengan barang yang harganya tinggi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s