informasi umum

Waktu Ideal Melakukan Segala Sesuatu

Kapan biasanya Anda melakukan tidur siang? Membaca buku, sarapan, atau berolahraga, kapan biasanya Anda melakukannya? Ya, memang setiap orang pasti memiliki standar waktu yang berbeda-beda ketika melakukan suatu kegiatan. Bahkan beberapa orang melakukannya tergantung dengan suasana hati mereka.

Waktu Ideal Melakukan Segala Sesuatu

 

Tapi ternyata, menurut para ahli, ada waktu yang ideal untuk melakukan berbagai hal. Kapan saja kah itu? Berikut penjabaran para hali, diambil dari RealSimple.

waktu yang tepat melakukan segala sesuatu
waktu yang tepat melakukan segala sesuatu

 

Tidur Siang. Waktu ideal: 13.00 – 14.30

Sebelumnya para ahli mengira bahwa ngantuk di sore hati itu disebabkan oleh makan siang yang berlebihan. “Tapi ternyata, kami temukan bahwa di sore hari terdapat penurunan pada suhu tubuh, yang menyebabkan mengantuk,” kata Michael smolensky, Profesor environmental physiology di Universitas Texas School of Public Health di Houston dan Penulis buku The Body Clock Guide to Better Health: How to Use Your Body’s Natural Clock to Fight Illness and Achieve Maximum Health.

Sama seperti penurunan serupa yang terjadi pada saat malam hari, penurunan di tengah hari ini bisa membuat Anda menginginkan tidur siang. Tidur siang yang ideal sebaiknya berlangsung sekitar 15-20 menit. Lebih dari 30 menit kita bisa bangun dalam keadaan lemah dan pusing.

Codirector University of Pennsylvania Penn Sleep Center di Philadelphia, Richard Schwab, M.D. mengatakan bahwa pada sore hari memang merupakan waktu ketika ritme sirkadian (pola perubahan mental dan fisik yang kita ulangi setiap 24 jam) kita “cenderung menginginkan tubuh kita untuk tidur”. Tapi Schwab juga menambahkan bahwa jika kita tidak kekurangan tidur maka kita tidak terlalu memerlukan tidur siang.

 

Membaca (dan menyerap) informasi. Waktu ideal: 08.00 – 22.00.

Jika kita ingin memeriksa ulang catatan untuk presentasi hari ini atau harus menghapal nama teman di tempat kerja atau sekolah yang baru, lakukanlah di pagi hari ketika ingatan kilat Anda sedang berada di kondisi terbaik. Sedangkan untuk penyimpanan informasi yang lebih lama,lakukanlah pada sore hari. “Memang beginilah cara otak kita menyusun informasi,” kata Smolensky.

Ia juga menambahkan bahwa otak kita tidak menyimpan informasi dengan efisiensi yang sama sepanjang hari. Ada saat terendah dan tertinggi. “Mahasiswa kadang tanpa sadar memanfaatkan ritem sirkadian ganda dengan tidur larut untuk belajar dan bangun pagi-pagi dihari ujian untuk membaca-baca secara singkat,” kata Smolensky.

 

Pergi ke Dokter. Waktu ideal: 08.00 – 09.00 atau 13.00 – 14.00

Anda akan menghemat waktu saat menunggu dokter bila membuat janji di pagi hari atau tepat setelah jam makan siang, ujar Patricia Carrol, R.N., Penulis buku What Nurses Know and Doctors Don’t Have Time to Tell You. Kebanyakan tes laboratorium memerlukan puasa terlebih dahulu, jadi dengan membuat janji di pagi hari, Anda tidak perlu menahan lapar di siang harinya.

 

Minum Vitamin. Waktu ideal: Pada saat sarapan.

Mengonsumsi vitamin atau suplement dengan makanan merupakan hal yang penting. “Vitamin merupakan komponen dari makanan,entah larut dengan air atau dengan lemak, vitamin akan lebih mudah diserap dengan makanan,” kata Shari Lieberman, Ph.D., ilmuwan nutrisi New York City dan Hillsboro Beach, Florida, serta penulis buku The Real Vitamin & Mineral.

Selain itu, mengonsumsi multivitamin dengan perut kosong bisa membuat Anda merasa mual. Sedangkan waktu makan malam dianggap sebagai waktu terburuk untuk mengonsumsi multivitamin. Hal ini karena beberapa nutrisi, seperti vitamin B bisa membuat Anda terjaga semalaman.

 

Latihan Kardio. Waktu ideal: 17.00 – 18.00

Pada waktu ini paru-paru kita menggunakan oksigen lebih efisien, kita juga lebih terkoordinasi, dan otot kita juga sudah melakukan pemanasan (hasil dari kegiatan kita selama seharian), jadi peluang kita untuk terluka karena tegang dan keseleo lebih kecil.

Selesaikan latihan Anda minimal 3 jam sebelum tidur. Sehingga Anda bisa bisa tidur lelap karena adrenaline extra hasil latihan tadi sudah meninggalkan aliran darah Anda.

 

Membersihkan rumah. Waktu ideal: 16.00

Ini adalah waktu ketika koordinasi tangan dan mata Anda mencapai titik terbaiknya. Apalagi jika ada salah satu anggota keluarga Anda yang menderita alergi atau asma, maka hindari membersihkan rumah di pagi hari. Karena serangan alergi biasanya terjadi pada jam 6 pagi hingga tengah hari, sedangkan serangan asma terjadi pada tengah malam hingga jam 6 pagi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s