info · stress · tips n triks

Triks Menghadapi Stres

Keseharian yang padat kadang membuat kita stres. Dikejar deadline, partner kerja yang sama sekali tidak membantu, tugas yang menumpuk, ditambah lagi masalah keluarga. Saking tidak tahannya, tidak jarang beberapa orang memilih jalan keluar yang menyakitkan bagi orang disekitarnya.

 

Stres juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita. Beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga berat, tanpa kita sadari berasal dari stress. Lalu apa yang harus kita lakukan jika kita masalah berdatangan dan stress mulai menyerang?

Menghadapi stres
Menghadapi stres

 

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir stress.

 

  • Olahraga. Salah satu cara untuk menghilangkan stress dan kecemasan adalah bergerak. Kita bisa coba ikut gym, olahraga ringan di rumah, atau sekedar jalan pagi/sore di sekitar perumahan. Olahraga dapat membantu melepaskan hormon endhorpin yang membuat kita merasa gembira. Kita juga bisa coba melakukan olahraga bersama dengan keluarga. Salah satu keuntungan dari berolahraga bersama-sama adalah kita bisa merasa lebih tenang sesudahnya. Ketika kita bersama-sama mengurangi stress bersama-sama, kita juga membantu yang lainnya mengatasi masalahnya.

 

  • Tersenyum. Tersenyum dan tertawa adalah cara terbaik untuk memperbaiki mood kita secara instan. Bercanda dengan teman kita, nonton film dengan pasangan kita, atau sekedar tersenyum menikmati sinar matahri.

 

  • Mendengarkan musik. Musik merupakan salah satu cara untuk rileks dan melepaskan stress. Cara ini juga bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia. Pilih lagu yang kita sukai, biasanya ini lagi ini akan lebih efektif. Dengarkan musik yang membuat kita merasa lebih tenang.

 

  • Membaca. Pilihlah buku dengan genre yang ringan, lucu, romantis, atau yang membuat kita merasa senang. Kita juga bisa membaca buku keagamaan atau spiritual jika ingin. Buku apapun yang memberikan pesan baik dan positif tentang dunia dan orang-orang di dalamnya bisa membantu kita merasa lebih baik dan rileks.

 

  • Visualisasikan. Bayangkan sebuah pemandangan yang indah dan damai, seperti padang rumput atau pantai dan gunakan semua indera kita. Dapatkah kamu mencium wangi bunga di udara? Kicauan burung dan merasakan belaian angin di kulit kita? Tubuh kita tidak bisa membedakan perbedaan antara pemikiran dan event yang sesungguhnya. Jadi, buatlah sebuah keadaan damai dan tenang setiap kali kita merasa cemas. Kita bisa membayangkan stress mengalir keluar dari tubuh kita.

 

  • Bersyukurlah. Ketika kita mulai merasa stress cobalah untuk “menghitung berkat” yang kita dapat. Pasti selalu ada yang bisa kita syukuri. Kadang hal sederhana seperti masih bisa bangun setiap pagi adalah hal bisa kita syukuri. Ketika kita fokus pada hal yang bisa disyukuri, kita akan melihat banyak hal indah di hidup kita. Sebaliknya jika kita berpikir negatif, akan semakin mudah pula kita merasa marah dan stress.

 

  • Ambil nafas panjang. Ketika kita merasa sesak dengan emosi yang datang bersama dengan rasa stress, cobalah untuk beberapa saat, tarik nafas panjang dan perlahan. Langkah ini memiliki beberapa keuntungan. Ketika kita menarik nafas, otak kita akan menerima oksigen tambahan yang akan membuat rileks otot-otot kita. langkah ini juga memberi kita waktu untuk melihat sesuatu secara dari sudut pandang lain dan lebih menyeluruh.

 

Berikanlah waktu bagi diri kita untuk berfikir terlebih dulu. Dengan begitu kita bisa lebih tenang dalam melihat dan memahami masalah yang dihadapi.

 

sumber: lifehack.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s