KPR

3 Poin Penting dalam KPR Rumah Bekas

Pasar KPR rumah bekas di Indonesia tidak kalah meriah dengan pasar rumah baru. Banyaknya permintaan akan rumah bekas ini karna masyarakat menginginkan rumah di suatu tempat namun sudah tidak ada lagi tanah atau lahan yang bisa dibangun. Sehingga, membeli rumah bekas menjadi jalan keluarnya. Secara mendasar, proses dan pengajuan KPR rumah bekas tidak berbeda jauh dengan KPR rumah baru, namun ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

 

Hal Penting dalam Mengajukan KPR Rumah Bekas

 

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengajukan kredit

Poin penting membeli rumah bekas dengan KPR
Poin penting membeli rumah bekas dengan KPR

 

  • Uang Muka KPR. Sehubungan dengan diberlakukannya peraturan baru dari Bank Sentral mengenai jumlah maksimal LTV (Loan to Value), nilai maksimal pinjaman yang bisa diberikan oleh bank kepada pembeli adalah sebesar 70%. Sisanya yang 30% berarti harus dibayarkan sendiri oleh debitur berupa uang muka.

 

  • Biaya Appraisal (Penilaian Aset). Appraisal adalah proses penilaian aset (rumah) oleh bank untu mengetahui nilai rumah tersebut. Hasil dari penilaian ini bisa berbeda dengan hasil kesepakatan antara pemilik lama dengan pembeli. Jika Bank menilai rumah tersebut lebih rendah daripada harga yang diberikan penjual, maka pembeli harus merogoh koceknya lebih dalam lagi untuk uang muka.

 

  • Biaya tambahan. Biaya yang dibebankan oleh bank untuk KPR rumah bekas ini terdiri atas biaya provisi, biaya appraisal, biaya notaris, biaya asuransi, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan biaya Akta Pengalihan Hak Tanggungan (APHT). Total dari semua biaya tersebut bisa melebihi dari 5% plafon kredit. Sebaiknya persiapkan terlebih dahulu semua biaya ini agar pengajuan KPR Anda bisa lebih lancar. Selain biaya diatas, pembeli juga dikenai pajak.

Semoga bermanfaat. (raw)

One thought on “3 Poin Penting dalam KPR Rumah Bekas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s