informasi umum · jalan-jalan

Tips Mudik dengan Mobil Pribadi yang Aman dan Nyaman

Menjelang liburan lebaran pastinya enggak lepas dari yang namanya mudik. Ya budaya mudik alias merayakan Idul Fitri di kampung halaman sendiri memang sesuatu yang tidak lepas dari masyarakat Indonesia. Selain menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi seperti mobil dan motor pun menjadi sarana untuk mudik ini. Nah, buat Anda yang berniat untuk mudik dengan menggunakan mobil pribadi, berikut adalah tips yang bisa membantu Anda mudik dengan aman dan nyaman sampai ke kampung halaman.

 

Tips Mudik dengan Nyaman dan Aman dengan Mobil Pribadi

 

  • Persiapkan kendaraan. Periksalah keadaan kendaraan kita terlebih dahulu. Mulai dari Rem, ban, mesin, hingga lampu mobil. Segeralah perbaiki jika menemukan kerusakan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan dan servis ke bengkel minimal 2 minggu sebelum keberangkatan. Karena biasanya bengkel akan penuh menjelang waktu mudik. Bawalah peralatan untuk kondisi darurat seperti dongkrak dan ban cadangan. Jangan sampai melupakan surat-surat penting kendaraan Anda.

    tips mudik dengan mobil kendaraan pribadi
    tips mudik dengan mobil kendaraan pribadi

 

  • Persiapkan fisik. Perjalanan mudik yang jauh tentu memerlukan fisik yang kuat, terutama bagi pengemudi. Jagalah kesehatan dan bersitirahatlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik ini. Jika merasa kurang sehat, sebaiknya jangan memaksakan diri.

 

  • Bawa makanan, minimum, dan obat-obatan. Bawalah makanan dan minuman sebagai bekal dalam perjalanan. Tapi tidak perlu terlalu banyak karena justru akan membuat Anda tidak nyaman diperjalanan. Kalau merasa kurang, kita masih bisa membeli makanan dan minuman di supermarket atau minimarket yang ditemui di tengah perjalanan. Untuk obat-obatan, bawalah yang umum seperti obat mabuk, pusing, plester dan obat luka luar, juga obat-obatan khusus untuk anggota keluarga yang memang rutin atau sedang dalam masa pengobatan.

 

  • Sesuaikan jumlah penumpang dengan kapasitas mobil. Ini sangat penting, karena terlalu banyak penumpang dan barang bawaan akan membuat perjalanan Anda tidak nyaman. Tidak jarang, kelebihan muatan juga bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

 

  • Tentukan Rute. Sebaiknya Anda sudah menentukan rute yang ingin dilewati sebelumnya agar tidak kesasar selama perjalanan. Tapi kadang memang  rute suka berubah, nah kalo Anda bingung jangan ragu untuk bertanya pada pos-pos mudik atau pos polisi terdekat.

 

  • Patuhi rambu lalu lintas. Tentunya kita semua mau sampai dengan selamat sampai kampung halaman bukan? Nah, karena itu patuhilah peraturan lalu lintas dan jangan mengebut. Jika merasa lelah, beristirahatlah di posko-posko mudik yang bisa ditemui sepanjang perjalanan mudik.

 

  • Persiapkan perjalanan pulang. Tentukan waktu perjalanan pulang, sebaiknya jangan terlalu mepet dengan waktu Anda melakukan kegiatan kembali seperti masuk kantor atau jadwal anak-anak masuk sekolah. Minimal, kita sampai ke rumah satu hari sebelum kegiatan dimulai. Sehingga kita bisa beristirahat terlebih dahulu.

 

Selamat mudik dan selalu berhati-hatilah dalam perjalanan Anda. (raw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s