kartu kredit · kredit

Cara Sederhana Mengendalikan Hutang Kartu Kredit

Kartu kredit baik dan buruknya tergantung dari bagaimana kita menggunakannya. Jika digunakan dengan bijak tentunya akan sangat membantu dan memudahkan transaksi belanja serta pembayaran seperti untuk pembayaran tagihan listrik, internet dan lain sebagainya. Namun, sebaliknya bila digunakan dengan gegabah, kita bisa terjerat dengan hutang kartu kredit yang tentunya menyulitkan.

Nah, bila kita sudah terlanjur memiliki hutang kartu kredit, berikut beberapa cara mengendalikan hutang kartu kredit yang mungkin bisa membantu Anda, yaitu:

mengendalikan hutang kartu kredit
mengendalikan hutang kartu kredit

 

  • Stop!

Cara paling pertama yang bisa kita lakukan ketika hutang kartu kredit mulai tidak terkendali adalah dengan menyetop dulu penggunaannya sampai kita dapat melunasinya. Gunakanlah hanya untuk keadaan darurat.

 

  • Bayar melebihi jumlah minimum tagihan

Dengan membayar melebihi jumlah tagihan kartu atau lebih dari 10% jumlah tagihan dapat membantu kita terhindar tambahan bunga dari bunga hutang sebelumnya. Dari sini kita bisa melihat perbedaan besar hutang kartu kredit pada saat tagihan bulan berikutnya.

 

  • Lunasi tagihan

Bila kita memiliki rezeki lebih yang memungkinkan untuk melunasi tagihan, sebaiknya lunasi dulu tagihan kartu kredit. Selanjutnya batasi penggunaannya. Sebaiknya jangan gunakan kartu kredit bila kita masih bisa membayarnya menggunakan uang tunai.

 

  • Transfer Balance

Bila kita merasa bunga kartu kredit yang dibebankan terlalu tinggi, cobalah lakukan transfer balance ke kartu dengan suku bunga yang lebih rendah.

 

  • Bayar tepat waktu

Biasakan untuk membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Dengan begitu kita tidak akan dibebankan biaya keterlambatan yang sebenarnya tidak perlu.

 

  • Telepon pihak bank

Misalnya suatu waktu kita terpaksa harus membayar tagihan melebihi batas waktu pembayaran, cobalah hubungi bank penerbit Kartu kredit dan meminta keringanan penghapusan biaya keterlambatan. Biasanya, sih,  bank akan senang membantu nasabah dengan catatan pembayaran yang bagus.

 

Semoga membantu. (raw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s