KPR · KTA

Tepatkah Mengajukan KTA untuk Uang Muka KPR?

KTA untuk uang Muka? Dengan adanya beraturan pemerintah berkaitan dengan pengetatan Loan to Value (LTV) sebesar maksimal 70% pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) membuat bebas masyarakat menjadi lebih berat. Karena ini berarti bila kita ingin mengajukan KPR, kita harus menyiapkan uang muka minimal sebesar 30% dari harga keseluruhan rumah.

mengajukan KTA untuk uang muka KPR
mengajukan KTA untuk uang muka KPR

Meskipun begitu, peraturan ini dinilai baik karena dapat mencegah resiko kredit macet pada kredit pemilikan rumah. Pembeli tentunya akan lebih menyiapkan diri demi memenuhi batas minimal uang muka ini.

Namun, kekhawatiran juga muncul karena untuk mengakali uang muka Kredit rumah ini, beberapa orang mengajukan KTA yang akan dimanfaatkan untuk uang muka kredit. Bank Indonesia sendiri menilai hal ini sebagai langkah yang berbahaya. Hal ini dikarenakan selain karena bunga KTA yang lebih tinggi dibandingkan kredit lainnya, dikhawatirkan hal ini akan membuat masyarakat jadi “besar pasak daripada tiang”.

Karena itu, Bank Indonesia kini tengah berencana untuk menetapkan aturan sehubungan dengan hal tersebut. Selama ini pertumbuhan KTA dianggap tidak terlalu tinggi, sehingga Bank Indonesia tidak akan secara khusus menetapkan aturan untuk KTA, melainkan hanya untuk mencegah KTA digunakan sebagai uang muka KPR dan juga uang muka kredit kendaraan. BI juga akan secara tegas menegur bank-bank yang mencoba memberikan kredit tanpa partisipasi dari calon debitor.

“DP itu adalah salah satu bentuk partisipasi dari calon debitor bahwa dia memiliki tanggung jawab juga dan kreditnya bisa sehat. Kalau dia tidak mau bayar DP dan menggunakan KTA untuk bayar DP, akan menimbulkan moral hazard, sebab dia tidak punya tanggungan apa-apa,” jelas Halim seperti dikutip dari Berita Satu, Rabu (05/09/12).

Kalau dipikir-pikir memang benar, uang muka merupakan bentuk tanggung jawab dan persiapan dari calon debitur sebelum mengajukan kredit. Namun dengan naiknya jumlah uang muka kredit, tentunya beban masyarakat semakin berat dan mengharuskan untuk mencari jalan lain, salah satunya dengan mengajukan KTA untuk pengajuan kredit rumah dan kredit kendaraan.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s