kartu kredit · kredit

Kenapa Kartu Kredit Kita Ditutup Bank?

Bank penerbit kartu kredit memiliki hak sepenuhnya untuk menutup rekening kartu kredit nasabahnya. Namun tentu saja tidak sembarangan menutup. Ada beberapa alasan mengapa bank menutup akun kartu kredit kita.

Alasan bank menutup akun kartu kredit

Berikut adalah beberapa alasan penyebab bank menutup akun kartu kredit, yaitu:

alasan-bank-menutup-akun-kartu-kredit
alasan-bank-menutup-akun-kartu-kredit
  • Kartu kredit tidak pernah digunakan lagi. Jika kita tidak pernah menggunakan kartu kredit lagi untuk waktu yang lumayan lama, bank bisa saja menutup akun kartu kredit kita. Walaupun ada beberapa penerbit kartu ada yang tidak menutupnya melainkan tetap membebankan biaya tahunan pada nasabah. Tapi ada juga yang tanpa menunggu lama menutup akun kartu kita. Untuk menghindarinya, gunakan kartu kredit minimal setiap 3 atau 4 bulan sekali.
  • Tidak membayar tagihan. Kalau kita ingin kartu kredit tetap aktif, jangan lewatkan pembayarannya. Minimal bayarlah tagihan minimum kartu kredit. Biasanya bank akan membekukan sementara akun kartu kita bila selama 60-90 hari atau 3 bulan tidak ada pembayaran. Dan bila setelah 180 hari atau 6 bulan tetap tidak ada pembayaran tagihan, kartu kredit kita bisa ditutup selamanya.
  • Kita menolak kenaikan tingkat bunga atau perubahan baru lainnya. Sebelum merubah tingkat suku bunga atau perubahan lainnya, biasanya penerbit kartu kredit akan  akan memberikan pemberitahuan awal selama 45 hari sebelumnya. Pada masa itu kita bisa menolaknya dan memilih untuk tetap membayar kartu kredit sesuai dengan ketentuan yang lama. Namun, sayangnya, beberapa penerbit kartu kredit bisa saja kemudian menutup kartu kredit kita karena hal ini.
  • Bank sudah tidak beroperasi lagi. Ketika bisnis perbankan sudah tidak lagi menguntungkan, beberapa bank mau tidak mau menutup bisnisnya. Biasanya mereka akan menjual rekening kartu kredit kepada penerbit yang baru. Nantinya Penerbit kartu kredit yang baru mungkin akan menutup kartu kredit kita dan mengharuskan kita untuk mengajukan kartu kredit yang baru dengan penerbit yang baru tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s