KPR · tips n triks

Tips Tepat Membeli Apartemen bagi Pembeli Pertama Kali

Apartemen sekarang ini menjadi pilihan tempat tinggal bagi pasangan muda atau pun mereka dengan gaya hidup modern, terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Bagaimana tidak, fasilitas yang ada pada apartemen biasanya telah terintegrasi dengan pusat ekonomi,tentunya  membeli apartemen menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat perkotaan.

Tips membeli apartemen bagi pembeli pemula
Tips membeli apartemen bagi pembeli pemula

Nah, untuk Anda yang baru pertama kali membeli apartemen, sebaiknya perhatikan beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih apartemen yang terbaik bagi Anda.

  • Tempat. Tentukanlah terlebih dulu daerah mana Anda ingin memiliki apartemen. Survey dulu apartemen yang berada di daerah tersebut untuk menentukan yang sesuai dengan kriteria Anda.
  • Harga. Selain riset harga, lakukanlah riset mengenai harga terlebih dulu mengenai harga apartemen di pasaran. Jangan hanya mengandalkan informasi dari developer dan agen.
  • Parktis. Sebaiknya pilihlah apartemen yang dekat dengan fasilitas yang Anda butuhkan, misalnya pusat perbelanjaan, rumah sakit, tempat kerja Anda, akses kendaraan umum dan sebagainya.
  • Kondisi gedung. Periksa kondis dan usia gedung apartemen. Apakah ada kerusakan di fasilitasnya yang memerlukan perbaikan? Mintalah laporan mengenai kondisi gedung sebelum memutuskan untuk membeli apartemen.
  • Cek keamanan gedung, misalnya apakah setiap orang bebas keluar masuk gedung? Adakah kamera keamanan? Dan fasilitas keamanan lainnya.
  • Biaya perawatan. Cari tahu berapa besar biaya perawatan yang dibutuhkan. Biasanya terdapat terdapat 2 biaya rutin di luar listrik dan telepon, service charge dan sinking fund (biaya cadangan) pada apartemen.
    • Service charge adalah biaya yang dibebankan kepada pemilik apartemen untuk perawatan gedung, fasilitas umum, kebersihan dan keamanan.
    • Sinking fund adalah dana iuran yang dikeluarkan oleh penghuni apartemen guna membiayai fasilitas penunjang aktivitas gedung, misalnya untuk biaya penggantian alat tertentu dan masalah teknis lainnya.

 

Semoga membantu. Bila Anda memiliki tips lain seputar memilih apartemen, silahkan bagi melalui komen dibawah ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s