kartu kredit · tips n triks

7 Jalan Mudah Menghindari Penipuan Kartu Kredit

Kemudahan kartu kredit memang sangat membantu kita dalam bertransaksi sehari-hari. Namun, saat ini kejahatan yang melibatkan alat pembayaran kartu seperti kartu kredit juga makin marak.

Tapi,  tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah yang bisa melindungi kita dari penipuan kartu kredit ini. Berikut ini adalah 7 jalan mudah dalam menghindari penipuan kartu kredit adalah:

cara mudah menghindari penipuan kartu kredit
cara mudah menghindari penipuan kartu kredit
  • Surat Tagihan. Segera bukalah  surat tagihan kartu kredit kita begitu datang dan cek untuk biaya yang tidak kita kenali. Kita bisa mencocokannya dengan slip transaksi kartu kredit yang kita telah simpan.
  • Slip Belanja. Hancurkan slip belanja. Setelah selesai mencocokan slip transaksi kartu kredit dengan surat tagihan kartu, hancurkanlah slip sebelum membuangnya di tempat sampah. Entah dengan tangan atau dengan penghancur kertas elektrik.
  • Aplikasi yang tidak diingingkan. Hancurkan aplikasi kartu kredit yang tidak kita inginkan. Misalnya kita mendapat kartu kredit dari sebuah bank, dan kita sudah tidak menginginkan kartu kredit lagi, hancurkanlah aplikasi kartu kredit tersebut sebelum dibuang. Ini untuk menghindari kartu tersebut dipakai oleh orang lain.
  • Belanja Online. Berhati-hati saat belanja Online. Gunakanlah kartu kredit pada website yang terpercaya dan aman. Jangan tanggapi email yang meminta nomor kartu kredit kita. Pihak bank tidak akan pernah meminta nomor kartu kredit kita melalui email.
  • Awasi penggunannya. Setiap kali kita  melakukan transaksi dengan kartu kredit, jangan lepaskan mata kita dari kartu, awasi terus dan minta agar cepat dikembali.
  • Bawalah kartu kredit yang diperlukan. Bila kita memiliki lebih dari dua kartu kredit, bawalah yang benar-benar kita butuhkan saja. Selebihnya simpan di tempat yang aman.
  • Catat nomor kartu kredit dan nomor penting yang berhubungan dengan kartu kredit. Jika kita terkena penipuan kartu kredit, tentunya sangat penting untuk secepatnya menghubungi bank penerbit kartu kredit. Karenanya, simpanlah semua nomor kartu kredit, tanggal berlaku, dan semua nomor yang penerbit kartu kredit yang bisa dihubungi. Update terus informasi ini.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s