KPR

Tips Untung Beli Rumah Bekas

Membeli rumah bekas tentunya perlu ekstra hati-hati. Karena kondisinya yang telah dipakai oleh orang lain atau bekas jadi tentunya banyak yang mesti harus diperhatikan dengan benar.  Mulai dari kondisi bangunan hingga segi hukum dari rumah tersebut tentunya tidak boleh luput dari perhatian kita.

Tips Untung Beli Rumah Bekas

Nah, agar tidak terjadi kerugian ketika membeli rumah, berikut adalah tips agar aman dan untung dalam membeli rumah bekas, di antara:

Membeli rumah bekas menguntungkan
Membeli rumah bekas menguntungkan
  • Pilih rumah dengan kawasan yang tingkat huniannya tinggi dan berkembang. Mengapa? karena ini menjamin pertumbuhan investasi rumah tersebut.
  • Cek legalitas hukum rumah tersebut. Minta si pemilik untuk menunjukkan bukti kepemilikan rumah dan tanah berupa sertifikat.  Lalu cek dan pastikan nama penjual sama dengan nama yang ada pada sertifikat tersebut.
  • Periksa izin mendirikan bangunannya. Jangan sampai ternyata bangunan atau rumah tersebut belum memiliki izin bangunan yang tentunya akan merugikan Anda nantinya.
  • Cocokkan tata ruang dengan kebutuhan Anda. Meski Anda selalu bisa merenovasi rumah nantinya, tentunya akan lebih hemat bial ruang yang ada telah sesuai dengan kebutuhan.
  • Periksa kondisi fisik bangunan. Apakah ada bagian yang harus diperbaiki atau renovasi. Perkirakan biaya perbaikan dan penggantian yang mesti Anda keluarkan nantinya.
  • Cek fasilitas pendukung seperti jaringan listrik, air bersih, penerangan jalan, saluran air, sarana kesehatan, olah raga, telepon, sarana ibadah, dan lainnya.
  • Pastikan fasilitas penunjang kebutuhan hidup seperti sekolah, rumah sakit, pasar, pusat perbelanjaan, dan lainnya berada tidak begitu jauh. Minimal tersedia transportasi umum yang terjangkau dan memiliki akses 24 jam.
  • Tawar harga rumah 70-80% dari nilai pasar. Anda bisa menggunakan jasa konsultan untuk menaksir rumah yang ingin Anda beliatau  bertanya kepada agen properti atau penduduk sekitar mengenai harga rumah dengan tipe yang sama dan dijual di sekitar wilayah tersebut untuk mengetahui harga pasarannya.

Semoga membantu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s