informasi umum · Kredit Usaha

Hal Penting dalam Memilih Usaha Waralaba

Bisnis waralaba kini makin mudah ditemui di Indonesia. Mulai dari skala besar, hingga pinggir jalan pun, dengan mudah kita dapat menemukan bisnis franchise ini. Apakah Anda juga tertarik untuk membuka usaha waralaba? Nah tidak ada salahnya bila sebelumnya Anda mengetahui beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda menetukan pilihan bisnis waralaba Anda. Di antaranya:

Memilih usaha waralaba
Memilih usaha waralaba
  • Tentukan minat bisnis Anda. Misalnya saja Anda memiliki minat di bidang makanan atau mainan maka pilihlah usaha waralaba yang bergerak di bidang ini. Jangan sampai Anda memilih waralaba yang tidak berhubungan dengan minat Anda, karena bisa mempengaruhi bagaimana Anda menjalankan bisnis ini nantinya.
  • Pilihlah tiga kandidat brand yang Anda minati dan lakukan seleksi awal. Pastikan franchise yang Anda pilih memenuhi persyaratan seperti franchise telah berdiri selama lima tahun, telah memberikan keuntungan, dan Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli franchise tersebut.
  • Pelajari dan bandingkan sistem yang ditawarkan oleh ketiga franchise tersebut. Pastikan bisnis ini memiliki SOP, Support system, pendukung marketing, dan lainnya.
  • Cobalah minta waktu untuk bertemu dengan franchisor. Ketika berdiskusi dengan franchisor Anda juga bisa meminta prospektus keuangan. Ini agar Anda mengetahui sejauh mana bisnis mereka menguntungkan. Ini merupakan hak Anda dan bila franchisor menolak untuk memberikannya, maka Anda perlu waspada. Jangan sampai Anda membeli perusahaan waralaba yang ternyata berada di ambang kebangkrutan.
  • Bila memungkinkan, Anda juga bisa untuk meminta bertemu dengan franchisee dari brand tersebut. Tanyakan pengalaman selama berbisnis dengan waralaba tersebut. Apakah bisnis tersebut memberikan keuntungan yang sesuai dengan yang dijanjikan.

Semoga usaha waralaba Anda sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s