kartu kredit · tips n triks · toko online

10 Tips Aman Belanja Online

Berbelanja kini semakin mudah dengan banyak toko online. Anda cukup melihat-lihat dari layar computer atau laptop saja, dan barang yang Anda inginkan pun langsung diantar ke tempat ‘Anda.

Belum lagi, cara pembayarannya pun mudah, Anda cukup mengirim uang dengan cara ditransfer atau menggunakan kartu kredit. Pokoknya tinggal klik dan barang ada ditangan Anda.

Meski begitu, Anda tetap harus hati-hati.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda berbelanja lebih aman dan nyaman di toko online, di antaranya:

10 tips belanja online yang aman
10 tips belanja online yang aman
  • Pilih toko online Terpercaya. Biasanya toko online ini telah telah terjamin keamanannya. Periksalah review atau testimoni dari pembeli-pembeli sebelumnya. Apakah mereka puas atau justru banyak yang komplain dengan pelayanan toko tersebut.
  • Cek keamanan website. Jangan pernah membeli apapun, terutama bagi Anda yang menggunakan kartu kredit, dari website yang tidak memiliki enskripsi SSL atau secure socket layer. Website yang telah diinstal dengan SSL akan memiliki URL berupa “HTTPS://”. Selain itu terdapat juga lambang gembok yang terkunci di samping URL ini, atau di bar bawah browser.
  • Amankan komputer/laptop Anda. Instal anti virus di PC Anda, lebih baik lagi bila Anda memiliki anti spyware dan firewall. Jangan lupa untuk terus mengupdate piranti lunak ini agar PC Anda selalu terlindungin dari virus atau ancaman terbaru. Anda pun bisa mengatur update ini secara otomatis.
  • Jangan berikan semua informasi. Takutnya, data dari toko tersebut bocor atau dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan kombinasi nomor kartu identitas dan tanggal lahir Anda saja, orang-orang ini bisa melakukan tindakan yang sangat merugikan. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi yang Anda berikan. Jangan sampai terdapat poin yang menyebutkan bahwa pengelola toko boleh memberikan data pribadi Anda ke pihak lain.
  • Gunakan password yang kuat. Buatlah password yang unik dan kuat ketika membuat akun di toko online. Sehingga akun Anda tidak mudah dibajak.
  • Jangan mudah tergoda barang murah dan baca baik-baik deskripsi produk tersebut. Apalagi bila barang tersebut merupakan barang bermerek dan dijual dengan diskon besar-besaran.
  • Cara Pembayaran. Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan kartu kredit karena lebih mudah dan Anda juga memiliki bukti kuat untuk pembayaran, bila ternyata barang Anda tidak dikirim setelah dibayar. Namun dengan maraknya pencurian nomor kartu kredit, Anda juga bisa mempertimbangkan cara pembayaran dengan transfer, PayPal, atau COD (cash on delivery).
  • Jangan gunakan komputer publik. Menggunakan komputer publik seperti di warnet sangat tidak direkomendasikan. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan menggunakan komputer itu setelah Anda, apalagi bila ternyata Anda lupa untuk log out setelah menggunakan komputer tersebut. Bahkan bila Anda membawa laptop Anda sendiri untuk berbelanja di toko online di suatu cafe misalnya, ini pun masih berisiko. Ketika Anda memasukan nomor kartu kredit Anda, bisa saja ada orang yang melihatnya.
  • Simpan bukti transaksi. Simpan semua bukti transaksi mulai dari deskripsi produk dan harga, salinan email kuitansi digital, dan bukti transfer Anda dengan penjual.
  • Matikan PC setelah transaksi. Hal in untuk menghindari orang tidak bertanggung jawab yang menanamkan malware di PC Anda untuk mengambil kendali PC dan melakukan transaksi.

Nah, semoga bermanfaat dan selamat berbelanja online.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s