kredit multiguna · Kredit Usaha

2 Tips Sederhana Investasi Saham

Meski memiliki risiko investasi yang tinggi, masih banya investor yang tertarik untuk melakukan investasi saham.

Selain karena tertarik dengan keuntungan yang tinggi, risiko pada investasi saham ini masih bisa disiasti.

Dikutip dari laman VivanewsVice President Business Development & Corporate Marketing PT Indo Premier Securities, Jayawati Sukidjan, memaparkan dua hal yang penting diperhatikan oleh para investor pemulai ini, sebelum mulai berinvestasi saham. Dua hal itu adalah:

Tips investasi saham
Tips investasi saham
  • Gunakan uang yang menganggur

Pengguaaan uang yang menganggur atau uang sisa sangat dianjurkan bagi investor pemula. Hal ini dikarenakan dinilai lebih aman daripada harus menggunakan uang pinjaman dari bank atau sekuritas.

Investor yang membeli saham dengan menggunakan dana pinjaman ini biasanya dikarenakan pada saat mereka menemukan momen yang tepat untuk membeli saham, dana yang dimiliki ternyata tidak mencukupi. Sehingga jalan satu-satunya adalah meminjam kepada sekuritas atau bank dengan bunga kredit.

Hal ini biasanya dilakukan oleh investor profesional, sedangkan untuk investor pemula, cara ini sangat tidak disarankan mengingat risiko kehilangan uang yang sangat tinggi. Perusahaan sekuritas bisa menjual paksa saham investor apabila debitur tidak menyetor atau melakukan penjualan pada hari ketujuh setelah pinjaman.

“Penggunaan risiko penggunaan idle money lebih sedikit daripada penggunaan dana pinjaman dari sekuritas. Jika sewaktu-waktu pasar bermasalah, uang yang semula sudah profit bisa drop,” ungkap Jayawati.

  • Cermati laporan keuangan suatu perusahaan yang menerbitkan saham

Laporan keuangan suatu perusahaan ini terakit dengan bagus tidaknya suatu perusahaan, maka dari itu, ini harus menjadi pertimbangan utama bagi para investor pemula. Pilihlah saham dari perusahaan dengan laporan keuangan yang bagus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s