Uncategorized

9 Tips Aman Beli Mobil Online!

Saat ini, membeli mobil tidak perlu repot-repot harus berkeliling dealer atau tempat penjualan mobil bekas, buat Anda yang ingin membeli mobil bekas. Mobil kini bisa dibeli secara online. Ya, bukan hanya baju dan sepatu, mobil pun kini dijual melalui internet!

Tips beli mobil online
Tips beli mobil online

Nah, bagi yang ingin membeli mobil secara online, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu agar dapat membeli mobil dengan aman melalui online, seperti dilansir dari Investopedia, yaitu:  

  • Cek kreditbilitas penjual. Kita bisa memeriksa kredibilitas penjual dengan melihat review atau testimoni dari pembeli sebelumnya.
  • Informasi lengkap. Tanyakanlah pada penjual informasi lengkap sehubungan dengan mobil tersebut dengan mengirim email atau pesan singkat. Mintalah penjual untuk memberikan informasi lengkap beserta foto eksterior maupun interior mobil tersebut.
  • Riwayat mobil. Buat yang ingin membeli mobil bekas sangat penting untuk mencari tahu riwayat perawatan mobil ini sebelumnya. Dari riwayat ini kita bisa tahu mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan dan apa saja perawtan yang pernah dilakukan. Mintalah kepada penjual catatan riwayat perawatan mobil tersebut.
  • Test-drive. Atur janji dengan si penjual untuk bertemu dan melakukan test-drive untuk melihat apakah mobil tersebut benar-benar nyaman dan sesuai dengan kita.
  • Bandingkan harga. Cobalah bandingkan harga yang ditawarkan oleh penjual atau situs jualan lainnya. Jadi kita bisa tahu harga pasaran dari mobil tersebut dan bisa menawar dengan harga yang sesuai.
  • Kredit mobil. Beberapa toko atau penjual online ini ada juga menawarkan kredit mobil ketika kita membeli mobilnya. Bandingkanlah suku bunga serta ketentuan yang ditawarkan dengan kredit mobil dari bank atau lembaga keuangan lain untuk menetukan pilihan yang tepat.
  • Cek mesin mobil. Mintalah agar mobil tersebut boleh diperiksa oleh mekanik dari bengkel langganan atau kenalan kita. 
  • Jaminan. Pastikan penjual memberikan jaminan bahwa uang muka yang terlanjur kita kirimkan sebagai tanda jadi atau uang muka dapat dikembalikan bila ternyata mobil sudah keburu terjual kepada pembeli lain. Jangan lupa untuk mencetak dan menyimpan semua bukti korespondensi Anda dengan penjual untuk membuktikan transaksi kita.
  • cara pembayaran. Sebaiknya gunakanlah kartu kredit agar keamanan Anda lebih terjamin jika terjadi penipuan. 

Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s