Kredit Usaha

5 Cara Memoles Ide Bisnis Anda

Tidak sedikit pengusaha pemula yang memiliki ide membangun bisnis yang cemerlang namun sulit untuk merealisasikannya. Entah itu tidak tahu harus memulai dari mana dan sebagainya. Terutama karena pengusaha pemula belum memiliki pengalaman.

Nah, bila Anda juga mengalami hal seperti ini, maka jangan khawatir, karena hal ini merupakan hal yang wajar. Pengalaman dalam berbisnis tentunya akan datang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya bisnis. Yang harus Anda lakukan adalah langsung “terjun” ke dalamnya dan belajar seiring dengan perkembangan bisnis Anda.

Sampai Anda menemui titik itu, berikut adalah 5 tips yang bisa Anda lakukan dalam mengasah ide bisnis Anda, seperti yang dikemukakan oleh Prerna Gupta, CEO dari Khush, sebuah perusahaan aplikasi musik, seperti dilansir YoungEntepreneur:

Merealisasikan ide bisnis
Merealisasikan ide bisnis
  • Kukuhkan Ide Anda dengan Fakta. Lakukanlah riset yang menyeluruh mengenai industri yang ingin Anda tekuni. Coba lihatlah calon-calon kompetitor Anda atau trend pasar yang dapat mengindikasikan kesempatan untuk ide bisnis Anda. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda mengtahui bagaimana cara menemukan kesempatan yang tepat namun juga membantu memoles konsep ide Anda serta membedakannya dengan konsep yang sudah ada di pasar.
  • Ikuti perkembangan bisnis. Kumpulkanlah dan selalu update terhadap semua informasi dan berita yang berhubungan dengan perkembangan industri bisnis yang ingin Anda geluti. Waspadalah terhadap semua pemain besar dan pergerakan di industri tersebut.
  • Minta masukan dari orang lain. Jangan takut untuk membicarakan ide Anda dengan orang lain. Kebanyakan pengusaha pemula tidak mau membicarakan ide bisnisnya dengan orang lain karena takut idenya nanti akan dicuri. Padahal, kecil kemungkinan seseorang yang mencuri ide Anda bisa sukses dalam mewujudkannya. Jadi jangan takut, justru mintalah masukan dan saran dari teman, orang lain, dan calon penasihat bisnis yang Anda percaya. Meskipun beberapa akan mengatakan ide tersebut mustahil, setidaknya Anda tetap mendapatkan masukan yang berguna.
  • Buat Network. Ketahuilah siapa saja yang kira-kira bisa membantu Anda, calon penasihat bisnis yang potensial, rekan bisnis, serta co-founder dan cobalah untuk berhubungan dengan mereka. Misalnya Anda tidak memiliki koneksi langsung dengan mereka, Anda bisa coba menghubungi melalui email sambik menjelaskan ide Anda dan bagaimana mereka bisa menolong Anda. Memang tidak semuanya akan merespon permintaan Anda ini dan mungkin tidak semua yang merespon bisa membantu Anda. Namun pada akhirnya, Anda sudah membangun network yang bisa berguna bagi perkembangan bisnis Anda.
  • Yakinkan diri Anda. Apakah anda sudah benar-benar yakin dengan ide Anda ini? Sebelum Anda mulai benar-benar terjun ke bisnis, cobalah sekali lagi tanyakan diri Anda seberapa besar passion Anda terhadap bisnis ini. Passion sangat penting karena jalan Anda nantinya akan sangat panjang dan mungkin berat. Pada masa-masa terberat dalam bisnis nanti, yang akan menjadi penyemangat Anda adalah kepercayaan serta kecintaan Anda terhadap bisnis ini.

Selamat merealisasikan ide Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s