Kredit Usaha · KUR

Daftar Bank Penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) 2013

Kredit usaha rakyat atau yang lebih dikenal dengan KUR adalah salah satu program dari pemerintah untuk mempermudah pengusaha kecil mendapatkan dana tambahan dalam mengembangkan usahanya.

Kredit usaha rakyat ini memang sengaja ditujukan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM yang biasanya sedikit sulit untuk mendapatkan pembiayaan dari perbankan.  Untuk mendapatkan KUR, pelaku usaha juga dijanjikan dengan persyaratan pengajuan yang mudah.

Syarief Hasan, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop) mengungkapkan ada tiga poin penting dan syarat yang wajib dipenuhi calon peminjam KUR (selain persyaratan KUR yang standar atau yang disesuaikan dengan perbankan yang menyalurkan).

bank penyalur KUR
bank penyalur KUR

Syarat-syarat tersebut antara lain:

  1. Usaha yang dimiliki jelas. Maksudnya, usaha itu dinilai layak untuk mendapatkan pinjaman.
  2. Domisili pemilik usaha harus jelas.
  3. Pengembalian atau cicilan angsuran yang jelas.

Menurutnya, bila ketiga persyaratan tersebut bisa dipenuhi oleh pelaku usaha, maka KUR sudah pasti diberikan kepada pemilik usaha.

Selain kemudahan pengajuan, pemerintah juga memangkas bunga KUR untuk tahun 2013 ini. Pemangkasan ini pun tak tanggung-tanggung, yakni hingga 50% bila dibandingkan dengan bunga pada tahun sebelumnya. Tahun 2013 ini, bunga KUR menjadi 6,84%, sedangkan pada tahun sebelumnya adalah sebesar 13%-15%. Sementara itu, untuk bunga KUR mikro dipangkas menjadi 11,4% dari besaran sebelumnya yang mencapai 22%-24%.

Nah, bila Anda tertarik untuk mengajukan kredit usaha rakyat bagi bisnis kecil Anda, pengajuannya bisa dilakukan pada bank-bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Besaran dana KUR yang disalurkan oleh setiap bank pun berbeda-beda tergantung pada jatah dana yang telah diberikan oleh pemerintah sebelumnya.

 

Daftar Bank Penyalur KUR 2013

Berikut adalah daftar bank penyalur KUR serta besaran dana KUR yang disalurkan untuk tahun 2013 ini:

  • PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dengan jatah penyaluran KUR sebesar Rp19 triliun.
  • PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dengan jatah penyaluran  sebesar Rp4,75 triliun.
  • PT Mandiri Tbk (Mandiri) mendapat porsi penyaluran sebesar Rp3,6 triliun.
  • Bank Syariah Mandiri (BSM) juga diberikan jatah penyaluran kredit usaha rakyat sebesar Rp1,5 triliun.
  • Bank Tabungan Negara (BTN) diberi jatah KUR sebesar Rp1,25 triliun.
  • Bank Bukopin Tbk menyalurkan KUR sebesar Rp450 miliar.
  • Sedangkan PT BNI Syariah mendapat jatah sebesar Rp200 miliar.

Selain perbankan di atas, pemerintah juga membagi jatah penyaluran dana KUR sebesar Rp5,25 triliun kepada 26 Bank Pembangunan Daerah(BPD) di seluruh Indonesia. Sehingga, pelaku usaha di daerah juga bisa lebih mudah mengajukan KUR.

Nah, buat Anda pelaku usaha kecil yang ingin menambah dana untuk mengembangkan usahanya, cobalah manfaatkan fasilitas kredit usaha rakyat ini. Semoga usaha Anda sukses.

Iklan

11 thoughts on “Daftar Bank Penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) 2013

  1. Maaf pak saya mau tanya sayakan masih punya pinjaman di bank bri untuk modal usaha,tapi pakai jaminan bpkb motor 2,saya sudah minjam sampai 5kali sama yg masih berjalan ,bisa atau tidak jika pinjaman saya sudah lunas saya mengajukan dana 10jt tanpa janinan.terimakasih

    1. Halo Pak Sopian,
      Hal itu mungkin saja, Pak. Apalagi jika bapak meminjam di bank yang sama dengan pinjaman-pinjaman bapak sebelumnya. Karena bank tersebut sudah memiliki catatan pembayaran kredit Bapak sebelumnya. Jika bapak selalu membayar cicilan kredit dengan lancar dan tidak menunggak, maka bank akan sudah percaya pada bapak. Semoga membantu. Terima kasih sudah mampir.

      1. memang smua di kendalikan oleh bank..terbukti dgn referensi org dlm lbh cpt acc,ktmbang spti sy independent..trutama mandiri syariah..ini syrat2 sy:SKU,FC KTP-KK swmi istri,jaminan bpkb mtr th 2010.ush trnak ikan-ternak jangkrik yg pnya anggota 20 ptrnk jangkrk..trbkti diPERSULIT..teori mmg mdah..

    1. Biasanya KUR ditujukan untuk membantu pengusaha umkm yang ingin mengembangkan bisnisnya. Jadi Anda harus punya usaha dulu untuk mengajukannya. Semoga mambantu, terima kasih sudah mampir 😀

  2. 1. mengapa pemerintah mengunakan keredit usaha rakyat. …..??
    2. dari mana kt dapat usha kalau kita belum dapat modal…..???
    3. boleh gak saya pinjam modal dari uang pribadi bapak/ibu sendiri…..??? nanti kalau dapat modal dari perogram pemerintah yang katanya KUR itu tadi nanti saya kembalikan. trimakasih. tolong dibalas………?????!!!!!!

    1. Usaha memang harus udah jalan dulu bos,bank jg gak mau dong ngasih pinjaman pd usaha yg blm jln dgn alasan untuk modal awal usaha,ya klo usahanya bs jln trs. klo berhenti ditengah jln sp yg akan mau byar cicilan??,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s