kartu kredit · tips n triks

Menghindari Lilitan Hutang Kartu Kredit, Ini Caranya!

Anda mungkin sudah tidak asing dengan cerita pemilik kartu kredit yang dikejar-kejar oleh debt collector karena terlilit hutang. Banyak hutang yang melilit si pemilik kartu tentunya bukan salah kartu kredit yang digunakan. Tetapi bagaimana si pemilik kartu menggunakan kartu kreditnya. Jika digunakan dengan bijak tentu saja tidak akan ada hutang yang menumpuk.

Dikutip dari Detik Finance, Sondang Martha Samosir, Ketua Tim Mediasi Perbankan Direktorat Investigasi dan Mediasi Perbankan Indonesia, memberikan beberapa tips untuk terhindar dari tagihan hutang kartu kredit yang menumpuk.

Menghindari hutang kartu kredit
Menghindari hutang kartu kredit
  • Sebelum menggunakan kartu kredit, nasabah harus bijaksana untuk menentukan apakah transaksi tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. Meskipun kadang ada beberapa promo di mana nasabah dapat memperoleh diskon atau kemudahan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, namun tetap harus dipertimbangkan akan risiko pembebanan bunga maupun denda yang bisa terjadi dalam penggunaan kartu kredit.
  • Nasabah harus memahami bahwa memiliki kartu kredit bukan berarti memiliki penghasilan tambahan. Karenanya nasabah harus menggunakan kartu kredit secara bijak dan dewasa sesuai dengan keperluan dan kemampuan bayar.
  • Pahamilah bahwa kartu kredit adalah hanya sebagai sarana penundaan pembayaran yang harus segera dilunasi pada waktunya. Setiap kali nasabah menggunakan kartu kredit maka berarti nasabah menambah hutang yang harus dibayar. Jika tidak segera dibayarkan berarti akan menambah hutang dengan adanya bunga keterlambatan pembayaran.
  • Sebelum memutuskan untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit, nasabah harus memperhatikan kelonggaran pendapatan yang digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit.  Jangan sampai jumlah tagihan nantinya akan melebihi jumlah dari kemampuan bayar.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s