informasi umum · kredit multiguna · Kredit Usaha

Waspada Hindari Investasi Bodong

Kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk pada saat Anda menginvestasikan dana Anda. Penipuan investasi atau investasi bodong ini bisa menimpa siapapun termasuk Anda bila tidak waspada.

Karenanya, Anda perlu berhati-hati saat memilih investasi. Bisa-bisa dana yang sudah Anda investasikan justru tidak akan berbuah keuntungan karena tertipu oleh investasi bodong tersebut.

Hindari kejahatan investasi bodong
Hindari kejahatan investasi bodong

Berikut adalah beberapa tips menghindari investasi bodong yang bisa membantu Anda, seperti dilansir pada laman CariKredit, di antaranya:

  • Hati-hati dengan produk investasi yang menjanjikan return atau imbal hasil diluar kewajaran dan di luar batas normal apalagi dalam waktu yang realtif singkat.
  • Investasi bodong biasanya menarik korbannya dengan memberikan janji-janji menggiurkan seperti bunga atau iming-iming hasil dalam waktu singkat. Karenanya, jangan mudah termakan janji-janji yang menggiurkan.
  • Pastikan penawaran investasi tersebut berasal dari perusahaan yang telah memiliki izin dari Bapepam-LK, Bappebti atau Bank Indonesia. Bila tidak maka Anda harus waspada.
  • Teliti dan periksalah terlebih dahulu penawaran dari penjual investasi yang memaksa Anda untuk mengambil keputusan saat itu juga, meskipun si penjual misalnya adalah orang yang Anda kenal dengan baik. Anda bisa memeriksa dan menelitinya melalui studi literatur lewat internet.
  • Telitilah dengan benar dan seksama ketika perusahaan investasi menunjukkan profil perusahaanya. Sepintas mungkin akan terlihat sangat profesional dan meyakinkan Anda dengan kredibilitas mereka. Namun, perusahaan investasi bodong pastinya akan memiliki banyak kejanggalan, misalnya saja ketidakjelasan manajemen pengurus atau kinerja investasi.
  • Bila Anda ingin melakukan investasi jangka panjang, maka sebaiknya pilihlah asuransi unit link. Ini dikarenakan underlying dari asuransi ini, selain untuk proteksi juga ada investasi yang sebagian besar di reksa dana.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s