info · informasi umum · kredit multiguna · Kredit Usaha · tips n triks

Memilih Investasi Reksa Dana Menguntungkan di 2013

Imbal hasil yang menggiurkan menyebabkan investasi reksa dana makin dilirik oleh para investor Indonesia. Meski begitu, investasi reksa dana ini juga tidak luput dari risiko yang mungkin dihadapi nanti oleh para investor.

Reza Priyambada, Kepala riset Trust Securities, dikutip pada detikFinance mengatakan,  hal yang penting sebelum berinvestasi adalah mengenali dan mempelajari terlebih dahulu produk-produknya. Kemudian bandingkan return yang ditawarkan. Jangan lupa untuk memeriksa track record perusahaan, mulai dari legalitas hingga pengelolaan perusahaan. Sehingga tidak tertipu dengan iming-iming return yang menggiurkan.

Selanjutnya Reza memberikan pandangannya sehubungan dengan jenis-jenis reksa dana apa saja yang memberikan imbal hasil paling menggiurkan di tahun 2013 beserta dengan risiko yang mungkin terjadi, seperti dikutip dari DetikFinance berikut ini:

 

Reksa Dana Saham 

investasi-reksadana
investasi-reksadana

Reksa dana saham memiliki peluang imbal hasil terbesar dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya. Hal ini ditinjau dari tingkat return dan risiko investasi.

Reza memperkirakan, imbal hasil reksa dana saham di tahun 2013 ini, rata-rata dapat mencapai kisaran 20%-30%. Sebagai pembanding, bunga deposito rata-rata tiap tahunnya hanya sebesar 6%. Perkiraan return ini didapatkan dengan asumsi pasar saham akan terus membaik di tahun ini. Reza juga memprediksi pergerakan IHSG pada akhir tahun 2013 dapat menembus angka 5.000.

Namun ia mengingatkan, return reksa dana saham ini juga bergantung pada pilihan saham serta kemahiran manajer investasi dalam mengelola saham tersebut.

“Pilihan saham sangat mempengaruhi. Ketika harga saham melonjak, return juga ikut naik, ini berpengaruh terhadap NAB. Manajer investasi (fund manager) harus bisa mengelola dengan baik,” jelas Reza, seperti dikutip pada DetikFinance, Senin (11/03/13).

Meski begitu, return yang tinggi juga pasti diikuti dengan risiko yang tinggi. Hal ini berbanding lurus dengan pergerakan saham. Jika harga saham naik, maka rerturn reksa dana pun akan turut naik, begitu juga sebaliknya. Sementara itu, pergerakan saham memiliki volatilitas yang sangat tinggi.

 

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana ini termasuk ke dalam produk perbankan sehingga return atau imbal hasilnya tidak terlalu besar. Meski begitu, risiko pada reksa dana ini juga realtif lebih kecil.

Menurut Reza, return atau hasil imbal yang bisa didapatkan dari reksa dana pasar uang ini berkisar antara 10% hingga 12% per tahun. Hal ini dikarenakan volatilitas di pasar uang yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan pasar saham.

 

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap memiliki imbal hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan reksa dana saham. Ini dikarenakan volatilitas pada reksa dana pendapatan tetap tidak terlalu tinggi dikarenakan reksa dana pendapatan tetap merujuk pada surat utang, baik surat utang pemerintah maupun swasta.

Sementara untuk return, Reza memperkirakan reksa dana jenis ini bisa menghasilkan imbal balik sebesar 10% hingga 15% pada tahun ini. Reksa dana ini biasanya digunakan investor sebagai saving. Artinya reksa dana ini akan tetap diburu investor bila pergerakan IHSG mengalami aksi profit taking atau aksi ambil untung yang menyebabkan banyak investor menarik dananya.

 

Reksa Dana Campuran

Reksa dana ini diperkirakan dapat memberikan return sebesar 18% hingga 20%. Reksa dana ini cukup fleksibel karena bisa ditempatkan di dua produk, yakni saham dan obligasi. Investor juga bebas untuk memilih besaran porsinya.

“Ini fleksibel penempatannya, bisa 50:50 atau 60:40 antara saham dan obligasi. Ini menjadi pilihan menarik karena jika terjadi kenaikan di pasar saham maka imbal hasil menjadi lebih tinggi namun jika pasar saham sedang turun, ada return yang diperoleh dari porsi obligasi,” jelas Reza.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s