Kredit Usaha

Tips Membangun Usaha Ala Jokowi

Bila Anda mendengar nama Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan Jokowi, apa yang ada dipikiran Anda? Tentunya adalah Gubernur Jakarta terpilih tahun 2012 lalu.

Namun, sebelum menjadi Gubernur, Jokowi telah selama 25 tahun berkecimpung di dunia wirausaha. Dari 25 tahun pengalamannya di dunia bisnis ini, Jokowi memberikan beberapa tips bagi para wirausaha muda yang ingin membangun atau mengembangkan bisnisnya.

Berikut adalah 4 tips wirausaha dari Jokowi, pada acara diskusi entrepeneurship di Smesco Convention Hall, Jakarta Selatan, Minggu (17/03/13) seperti dikutip pada laman Kompas:

Tips wirausaha ala Jokowi
Tips wirausaha ala Jokowi
  • Inovasi dan Kreativitas. Menurut Jokowi, pengusaha muda yang sukses harus memiliki daya inovasi dari setiap produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Sementara itu, kreativitas diperlukan untuk agar dapat menjual produk yang berbeda dari produk lainnya. “Kita bisa saja melihat barang-barang di sekitar kita. Kira-kira apa yang dibutuhkan,” ujar Jokowi.
  • Berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Jokowi meminta para pengusaha muda untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Jokowi menambahkan, dirinya selalu memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Contohnya saja, untuk pelanggan yang membeli produknya dari luar negeri, ia memberikan pelayanan jasa pengantaran barang hingga ke bandara.
  • Profesionalisme. Profesionalisme diperlukan agar pelanggan percaya pada usaha yang dijalankan pengusaha. Sehingga mereka nantinya akan datang sendiri mencari produk yang ditawarkan oleh para pengusaha.
  • Konsisten. Setiap pengusaha dituntut untuk memiliki fokus terhadap penjualan produknya. Para pengusaha muda diminta untuk terus bertahan dan mempelajari kesalahan pada usahanya. Tidak mudah berpindah ke usaha lain ketika tengah menghadapai kesulitan atau kemerosotan penjualan.

Pada kesempatan yang sama itu juga, Jokowi juga meminta para pengusaha muda untuk tidak takut memulai usaha dengan modal yang terbatas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s