kredit kendaraan · kredit mobil · kredit motor · tips n triks

Siasati Naiknya Uang Muka Kredit Kendaraan

Peraturan terbaru dari Bank Indonesia mengatur besaran maksimal kredit yang bisa diberikan oleh perbankan kepada debitur kredit kendaraan.

Berdasarkan peraturan ini, para calon debitur kredit kendaraan diharuskan untuk menyiapkan uang muka kredit kendaraan, mobil dan motor, sebesar 20% hingga 30%. Ini lebih tinggi dari pada jumlah uang muka yang diberlakukan sebelumnya.

Meski begitu, naiknya uang muka kredit kendaraan ini masih bisa Anda siasati. Dikutip dari Keuangan Kontan, berikut adalah beberapa tips dari beberapa perencana keuangan untuk menyiasati kenaikan uang muka kredit kendaraan tanpa harus “mengutik” dana darurat Anda.

Pikirkan Kembali Kebutuhan Atas Kendaraan Pribadi 

Siasati kenaikan DP kredit kendaraan
Siasati kenaikan DP kredit kendaraan

Coba pikirkan kembali kebutuhan akan kendaraan pribadi ini dan kemampuan keuangan Anda, sebelum Anda mengambil dana talangan Anda untuk uang muka kredit. Bagaimanapun juga, kendaraan pribadi belum tepat bila dikatakan sebagai kebutuhan primer, selain itu, Anda juga masih bisa bertahan hidup tanpa kendaraan pribadi.

Siapkan Uang Muka

Bila ternyata Anda benar-benar membutuhkan kendaraan pribadi ini, entah untuk bisnis atau sebagainya, langkah selanjutnya adalah lakukan riset  skema pembiayaan kendaraan sehubungan dengan jenis, merek, serta harga kendaraan yang Anda inginkan, setelah itu siapkan pendanaanya.

Mulailah dengan menabung dan menghemat pengeluaran. Anda juga bisa berinvestasi pada produk yang tepat sesuai dengan tujuan keuangan. Sesuaikan instrumen investasi yang cocok dengan horizon investasi.

Misalnya Anda dapat berinvestasi di reksadana pasar uang bila target penggunaan dana tidak sampai dua tahun ke depan. Atau gunakan produk reksadana pendapatan tetap atau fixed income bila target pemakaian dana masih tiga tahun lagi. Sedangkan bila target di atas tiga tahun, investasikan dana Anda di reksadana campuran. Terakhir untuk tenor lebih dari itu, pilihlah reksadana saham.

Jangan Gunakan  KTA

Dari pada menggunakan KTA  (kredit tanpa agunan) untuk uang muka kredit kendaraan, akan lebih baik bila Anda menggunakan pinjaman lunak bebas bunga dari kerabat atau kantor Anda. Sehingga, Anda tidak akan dibebankan dengan bunga yang berlipat-lipat.

Meskipun tanpa jaminan dan mudah, namun, bunga KTA terbilang cukup tinggi. Sedangkan nilai kendaraan akan menurun.

Pemilihan Akad dan Optimalkan Negosiasi

Bila Anda menggunakan kredit kendaraan dari perbankan syariah, umumnya digunakan dua akad kredit, yakni murabahah (jual-beli) dan ijarah (sewa).

Akad murabahah, secara teori membuka ruang negosiasi atau tawar menawar antara calon debitur atau nasabah (pembeli) dengan pihak bank (penjual).

Negosiasi ini untuk menyepakati besar margin keuntungan yang berhak dikantongi oleh bank terkait akad atau transaksi. Dengan adanya kesepakatan di awal ini, maka besaran cicilan akan tetap atau fixed.

Untuk akad ijarah, nasabah membayar sewa berkala kepada bank sebagai ongos pemakaian barang yang disewakan (mobil atau motor). Dalam skema ijarah wa itiqna, bank menyerahkan kepemilikan barang yang tadinya disewakan kepada nasabah saat masa sewa berakhir.

Sementara skema musyarakah mutanaqisah, bank dan nasabah sama-sama berkontribusi modal dalam pembelian barang. Misalnya saja, kredit mobil dengan proporsi masing-masing sebesar 70%-30%. Dengan skema ini, status mobil atau motor tersebut adalah milik bersama.  Selanjutnya, nasabah akan diberi hak membeli proporsi kepemilikan bank. Pembelian dilakukan secara bertahap sehingga persentase kepemilikan nasabah akan mobil tersebut menjadi 100%.

Beragamnya pilihan akad ini tentunya memberikan Anda pekerjaan ekstra untuk meminta ilustrasi pembiayaan dengan lengkap dan membandingkan untuk mendapatkan skema yang tepat.

Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan adalah ketentuan pelunasan cicilan sebelum jatuh tempo. Misalnya Anda memiliki kesepakatan tenor selama 30 bulan, dan di bulan ke-14, mungkin Anda akan dibebankan dengan pelunasan biaya pokok beserta marginnya. Ini dampak dari kesepakatan yang berisi bentuk biaya, margin, cicilan, di awal akad.

Bila Anda sudah memastikan hal ini dari awal, Anda bisa coba bernegosiasi dengan bank dengan meminta diskon atau muqasah dari bank.

Tidak hanya Biaya saat Membeli

Meski saat ini banyak dealer dan produsen kendaraan bermotor yang menawarkan harga murah atau diskon, Anda tidak boleh tergoda. para perencana keuangan mengingatkan, membeli mobil tidak hanya sekedar masalah ketersediaan dana atau DP kredit kendaraan saja.

Masih akan ada banyak biaya yang harus Anda keluarkan lagi seperti bahan bakar, biaya perawatan, asuransi hingga ketersediaan garasi di rumah Anda. Untuk itu, pertimbangkanlah dengan matang sebelum mengambil keputusan yang mantap untuk membeli kendaraan.,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s