kartu kredit

Tips hindari kejahatan kartu kredit dari BI

Kejahatan bisa terjadi tidak hanya  karena ada niat dari si pelaku, namun juga karena ada kesempatan dari kelengahan si korban. Maka dari itu, Anda harus selalu waspada tidak hanya saat membawa barang berharga namun juga saat berbelanja menggunakan kartu kredit.

Berikut beberapa tips dari Bank Indonesia (BI) yang bisa membantu Anda menghindari kejahatan kartu kredit berupa pencurian dan penggandaan data kartu saat berbelanja.

Tips Hindari Kejahatan Kartu Kredit dari BI

Tips hindari kejahatan kartu kredit ala BI
Tips hindari kejahatan kartu kredit ala BI

Berikut adalah tips hindari kejahatan kartu kredit dari BI, di antaranya:

  • Tegur dan tolak bila kasir akan menggesek kartu kredit Anda di mesin kasir. Hal ini dikarenakan sejak 2010 lalu, BI telah mengimplementasikan teknologi chip pada kartu kredit di Indonesia. Teknologi chip ini merubah cara transaksi kartu kredit dari yang sebelumnya di-swipe (digesek) menjadi di-dip (dimasukkan) ke mesin EDC (electronic data capture). Karenanya, bila kartu Anda telah di-dip di mesin EDC kemudian petugas kasir masih mau menggesek kembali kartu Anda di mesin kasir, Anda bisa menegur dan berhak untuk menolaknya.
  • Aktifkan notifikasi transaksi kartu kredit melalui ponsel dan aktifkan selalu ponsel Anda. Dengan begitu Anda bisa segera tahu bila ada transaksi dari bank penerbit. Jangan lupa untuk segera menginformasikan ke bank bila terdapat perubahan nomor ponsel.
  • Teliti dan cek transaksi di lembar tagihan. Segera hubungi bank dan minta klarifikasi jika ada transaksi yang tidak sesuai. Mintalah bank untuk segera memblokir kartu tersebut dan minta untuk  diganti kartu baru.
  • Biasakan untuk selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, baik secara lunas maupun dengan mencicil. Dengan begitu Anda terhindar dari bunga dan denda.
Iklan

2 thoughts on “Tips hindari kejahatan kartu kredit dari BI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s