Kredit Usaha · tips n triks

4 Cara Memanfaatkan Hobi dalam Membangun Bisnis

Menjalankan bisnis pribadi terkadang dapat membuat kita lelah. Belum lagi dana yang mesti dikeluarkan untuk modal usaha serta waktu dan tenaga yang terkuras untuk terus menjaga jalannya bisnis. Bahkan tidak sedikit pengusaha yang akhirnya menyerah karena tidak sanggup akan hal tersebut serta persaingan dalam berbisnis.

Namun akan berbeda jadinya bila Anda membangun bisnis sesuai dengan hobi atau hal yang diminati. Melakukan hal disukai atau melakukan hobi tentunya tidak akan membuat Anda lelah bukan. Dikutip dariYoungEntrepreneur, Will Caldwell, Founder dari Rivolix memungkapkan 4 cara memanfaatkan hobi dalam membangun bisnis.

Memanfaatkan Hobi dalam Berbisnis

hobi menjadi bisnis
hobi menjadi bisnis

Berikut adalah 4 hal yang bisa Anda lakukan dalam memanfaatkan hobi ini dalam menjalankan bisnis, di antaranya:

Temukan Sesuatu/Hobi yang Anda Sukai

Membangun bisnis pribadi, artinya dituntut harus bekerja 100 kali lebih keras dibandingkan dengan kompetitor untuk bisa sukses. Hal ini tentu bisa sangat membebani dan Anda. Passion dari mengerjakan hobi atau sesuatu yang disukai inilah yang dapat membantu Anda tetap bertahan serta menjadi keunggulan usaha dibandingkan dengan kompetitor.

Kuasai Hobi

Berlatih dan jadilah yang terbaik yang Anda bisa pada bidang atau hobi yang disukai. Selain akan membantu dalam membangun bisnis, kesuksesan dan keahlian pada bidang atau hobi ini nantinya bisa membawa saja membawa Anda pada pertemuan dan perkenalan dengan orang-orang yang bisa membantu Anda dan bisnis nantinya. Kareana, orang-orang akan mulai menjadikan Anda sebagai referensi bila tengah membicarakan mengenai hobi yang berhubungan dengan bisnis Anda ini nantinya.

Perluas Jaringan Kerja

Kehidupan seseorang tentu saja tidak selalu berputar pada pekerjaan. Pasti ada hal-hal yang disukai atau diminati di luar pekerjaan, misalnya saja ketertarikan memancing, koleksi mobil antik dan sebagainya. Coba cari tahu pengusaha ternama yang memiliki hobi yang sama dengan Anda (dan sesuai dengan bisnis Anda) kemudian cobalah berkenalan. Dengan mengenal mereka secara pribadi, bukan tidak mungkin nantiya mereka bisa melirik usaha Anda.

Jaga Keseimbangan Hidup

Seiring dengan berjalannya bisnis, Anda tentu akan semakin tenggelam dalam kesibukan. Kesibukan ini selanjutnya bisa berakibat buruk pada kesehatan dan pikiran. Makanya, Anda harus dapat meluangkan waktu menghirup udara luar dan bersantai, melakukan hobi Anda namun di luar dari rutinitas bisnis untuk menyegarkan diri dan siap untuk menjalankan bisnis Anda lagi.

Semoga membantu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s