KTA · tips n triks

Cermati 4 Hal ini Saat Ajukan KTA

KTA alias Kredit Tanpa Agunan memang banyak dicari oleh para calon debitur. Ini tidak lain karena kemudahan pengajuannya yang tidak memerlukan agunan atau jaminan. Apalagi prosesnya yang cepat sehingga sangat membantu Anda yang benar-benar mebutuhkan dana.

Meski begitu, sebelum Anda mengajukan kredit tanpa agunan ini, Anda benar-benar perlu memperhitungkan kemampuan bayar serta besar kredit. Mengingat bunga KTA yang lumayan tinggi. Jangan sampai kredit yang tadinya diajukan untuk membantu keuangan malah ujung-ujungnya membobol kantung Anda.

 

Cermati 4 Hal ini Saat Ajukan KTA

 

Berikut adalah 4 hal yang harus Anda perhatikan saat mengajukan KTA, seperti dirilis pada laman Tabloid Nova, yaitu:

Cermati 4 hal ini saat ajukan KTA
Cermati 4 hal ini saat ajukan KTA
  • Biaya KTA

Saat mengajukan KTA, biasanya ada biaya-biaya tambahan yang dibebankan, misalnya bunga kredit, biaya provisi, biaya keterlambata, biaya pelunasan yang dipercepat, serta biaya asuransi.
Tanyakanlah dengan rinci besaran biaya yang dikenakan tersebut di saat awal pengajuan kredit. Dengan begitu Anda bisa memilih KTA yang memiliki biaya rendah. Semakin rendah biaya, maka akan semakin efektif pinjaman tersebut.

  • Besaran Cicilan Bulanan

Agar pinjaman efektif, maka besaran maksimal cicilan bulanan kredit adalah sebaiknya adalah sepertiga atau 30% dari penghasilan Anda per bulan. Bila sebelumnya Anda telah memiliki pinjaman dengan jumlah cicilan perbulannya telah melebihi 30% dari penghasilan, maka lebih baik kurangi jumlah pinjaman KTA.
Berikut cara penghitungannya: 
Penghasilan: Rp9 juta
30% penghasilan: 30% x Rp9 juta = Rp2,7 juta
Cicilan bulanan:
–       KPR: Rp1 juta
–       Kredit Motor: Rp500 ribu
Total cicilan bulanan Rp1,5 juta
Sisa yang bisa digunakan adalah: Rp2,7 juta – Rp1,5 juta = Rp1,2 juta
Jadi, cicilan KTA yang bisa diambil adalah sebesar Rp1,2 juta per bulan.

  • Jangka Waktu Cicilan

Jangka waktu KTA biasanya sekitar 1 hingga 3 tahun. Biasanya orang memilih jangka waktu yang lebih lama karena besaran cicilan yang lebih kecil. Namun, semakin lama waktu kredit, tentu akan semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Oleh sebab itu, tidak perlu memilih hingga jangka waktu tiga tahun bila mampu melunasi cicilan hanya dalam waktu dua tahun.

  • Pelunasan Sebelum Akhir Jangka Waktu Kredit

Pastikan apakah bank pemberi kredit memperbolehkan nasabah untuk melunasi cicilan sebelum akhir masa kredit. Pertimbangkan juga besaran pinalti yang dibebankan. Jika misalnya, utang pokok ditambah dengan pinalti jumlahnya lebih besar dari pada total sisa pembayaran hingga akhir masa cicilan, maka sebaiknya tidak usah melunasi sebelum jangka waktu kredit habis.

Semoga Anda dapat gunakan KTA dengan bijak.

Iklan

2 thoughts on “Cermati 4 Hal ini Saat Ajukan KTA

  1. Dapatkah anda membantu saya, dimana sy harus mendaftar kTA, saya karyawan pendapatan 3,5 perbulan, sy ingin meminjam untk mmbuka modal usha, butik batik

    1. Hi Una,
      untuk mendaftar KTA, kamu bisa coba melalui carikredit.com. Caranya dengan mendaftar menjadi member terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa langsung mengajukan KTA di website tersebut.

      Tapi sebelumnya, syarat untuk mendapatkan KTA adalah memiliki kartu kredit minimal selama 1 tahun. Kalau belum memiliki kartu kredit, bank biasanya akan menolak pengajuan KTA.
      Semoga membantu, Una.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s