KTA · tips n triks

Hindari Kegagalan Verifikasi saat Ajukan KTA

Mengajukan KTA sebenarnya terbilang mudah. Tidak seperti kredit lainnya, Anda tidak perlu menyertakan jaminan atau agunan saat mengajukannya. Meski begitu, tidak sedikit juga yang pengajuannya ditolak oleh bank karena berbagai alasan. Misalnya saja karena tidak memiliki kartu kredit,

Kartu kredit memang menjadi syarat utama dalam mengajukan KTA. Bank melihat layak atau tidaknya calon debitur untuk mendapatkan kredit dari bank dari histori pembayaran kartu kreditnya. Apakah lancar atau menunggak. Bila ternyata menunggak, sudah pasti akan langsung ditolak oleh bank.

Selain tidak adanya kartu kredit, salah satu hal lain yang juga bisa menyebabkan KTA ditolak adalah karena gagalnya bank memverifikasi data Anda. Bagaimana hal itu terjadi?

Kegagalan Verifikasi

Kegagalan verifikasi adalah ketika bank tidak bisa menghubungi Anda untuk memverifikasi data yang Anda isi di form aplikasi KTA. Data-data pribadi ini di antaranya: nomor telepon, alamat rumah, jumlah pendapatan, hingga nomor kerabat terdekat yang bisa dihubungi atau emergency contact.

Hindari gagal verifikasi saat ajukan KTA
Hindari gagal verifikasi saat ajukan KTA

Anda harus mengisinya dengan benar dan teliti, karena bank bisa menolak KTA Anda bila ternyata data yang ada di dalam form ini tidak sesuai dengan kenyataan atau tidak bisa dihubungi.

Tentunya akan sangat disayangkan bila pengajuan kredit tanpa agunan Anda ditolak hanya karena bank gagal memverifikasi data Anda. Nah, jangan khawtir, berikut adalah beberapa cara menghindari kegagalan verifikasi atau fail verification yang bisa membantu Anda, di antaranya:

  • Telepon Pribadi

Usahakan baterai ponsel selalu dalam keadaan penuh. Bila Anda termasuk orang yang tidak suka menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal, maka sekarang Anda harus siap menerima telepon dari nomor-nomor tidak dikenal ini, karena bisa jadi itu merupakan telepon dari bank. Anda juga bisa menyiasatinya dengan mencantumkan waktu atau jam berapa saja Anda bisa ditelepon oleh pihak bank.

Perlu Anda ingat, bank bisa menolak pengajuan kredit bila mereka tidak bisa menghubungi nomor telepon pribadi Anda ini. Misalnya, saat dihubungi melalui ponsel, Anda tidak menjawab karena lowbatt atau berada di luar jangkauan. Atau saat Anda dihubungi di kantor, Anda sedang tidak berada di tempat.

  • HRD Finance

Ketika mengisis form aplikasi, Anda diwajibkan mengisi jumlah penghasilan per bulan yang Anda terima. Nah, bagian keuangan (finance) dan HRD lah yang memegang peranan penting dalam verifikasi data ini. Pihak bank kemudia akan menghubungi mereka untuk konfirmasi mengenai status kepegawaian serta besarnya pendapatan Anda.  Bila terjadi kesulitan dalam mendapatkan informasi tersebut, Bank bisa menolak kredit.

Bank juga bisa tidak mengabulkan pengajuan kredit bila ternyata besaran pendapatan Anda tidak sesuai dengan yang tertera pada form aplikasi. Karena itu, isi form pengajuan kredit dengan benar dan tidak berlebihan.

  • Nomor Telepon Kerabat

Sementara untuk nomor kerabat yang bisa dihubungi atau emergency contact pilihlah yang mudah dihubungi. Untuk berjaga-jaga cantumkan juga  lebih dari satu nomor telepon, misalnya nomor telepon kantor, nomor telepon rumah dan nomor ponsel. Jangan lupa untuk memberikathu kerabat Anda mengenai pencatuman nomornya. Dengan begitu, kerabat Anda bisa bersiap ketika dihubungi oleh bank.

Semoga membantu dan sukses mengajukan KTA!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s