KPR

Jangan Tunda Beli Rumah atau KPR

KPR — Rumah sebagai kebutuhan pokok manusia tentunya semua orang juga tahu. Sayangnya tidak semua orang merasa perlu memiliki rumah sesegera mungkin. Ada beberapa orang yang memilih untuk membeli hal-hal lain terlebih dahulu, misalnya mobil, daripada untuk membeli rumah pribadi atau mengajukan KPR (kredit pemilikan rumah). Padahal tidak jarang mereka telah memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah tersebut.

Alasan Orang Menunda Membeli Rumah atau KPR

Ada beberapa alasan mengapa orang memilih untuk menunda pembelian rumahnya. Berikut adalah beberapa alasan tersebut, serta mengapa seharusnya alasan itu tidak membuat Anda menunda pengajuan KPR atau pembelian rumah Anda, antara lain:

Jangan Tunda Beli Rumah dan KPR
Jangan Tunda Beli Rumah dan KPR
  • Lokasi Jauh

Saat ini, perumahan yang terletak di dekat pusat kota tentunya sudah jarang. Sayangnya, masih banyak juga orang yang menolak untuk membeli rumah di daerah pinggiran yang jauh dari pusat kota meskipun ditawarkan dengan harga murah dan dengan promo KPR yang menarik. Anda harus mulai membuang pola pikir “ah, jauh” ini dan ganti dengan “mumpung jauh jadi masih murah kalo sudah dekat pasti mahal”.

Karena, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan pembangunan, lokasi yang tadinya terasa jauh bisa menjadi dekat. Misalnya saja tahun 90-an daerah Tangerang masih dianggap “hutan”, sehingga tidak banyak yang ingin membeli rumah di daerah tersebut, namun kini sudah merupakan daerah perkotaan dengan nilai investasi yang menarik.

  • Persyaratan Tidak Lengkap

Kadang ada juga yang menunda atau membatalkan pengajuan KPR-nya saat mengetahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ternyata tidak lengkap atau masih harus diurus lagi. Misalnya saja tidak ada slip gaji karena merupakan wiraswasta dan sebagainya.

Sangat disayangkan bila karena malas mengurus kelengkapan KPR ini Anda kemudian tidak jadi untuk membeli rumah. Cobalah bicarakan masalah tersebut dengan jujur dan terbuka kepada developer atau marketing perumahan tersebut. Mereka pasti mau membantu Anda.

  • Tidak Memiliki Uang Cukup

Ini merupakan alasan yang cukup kuat untuk menunda membeli rumah. Namun bukan berarti tidak bisa. Cobalah cari proyek perumahan yang masih berupa indent atau tanah kosong. Nah selagi masa pembangunan, selama 5 bulan hingga 1 tahun, Anda bisa menabung uang untuk uang mukanya.

Namun jangan lupa untuk memastikan mengenai kebenaran pembanguan perumahan tersebut. Jangan sampai Anda tertipu dengan proyek bohong.

Meski seharusnya tidak ditunda, tapi bukan berarti harus tergesa-gesa. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan beberapa hal penting saat membeli rumah yang harus dipertimbangkan agar tidak merugi. Semoga membantu. (raw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s