tips kecantikan

INI DIA PENYEBAB RAMBUT BERMINYAK

Setiap perempuan yang ingin tampil cantik pastinya akan melakukan segala cara untuk merawat tubuh mereka dan juga cara menurunkan berat badan mereka. Namun, meskipun Anda sudah berhasil mendapatkan bentuk tubuh ideal, penampilan Anda tetaplah tidak akan terlihat menarik jika memiliki rambut yang berminyak. Masalah ini akan membuat rambut Anda terlihat lepek, kusam, dan akan merusak penampilan Anda. Kira-kira apa sih yang menyebabkan masalah rambut ini? Yuk, simak artikel ini!

Penyebab rambut berminyak
Penyebab rambut berminyak
  1. Jarang keramas. Kesibukan yang sangat membabi buta setiap harinya membuat Anda tidak sempat merawat rambut Anda. Di pagi hari, Anda sudah bergegas berangkat ke kantor dan ketika malam tiba, Anda seolah sudah kehabisan energi untuk sekadar merawat diri. Akibatnya, Anda pun jarang membersihkan rambut. Kebiasaan buruk ini justru membuat rambut Anda semakin lepek dan berminyak. Minyak-minyak di kepala semakin bertumpuk karena Anda tidak pernah membersihkannya dengan sampo.
  2. Tidak bersih ketika mencuci rambut. Sisa-sisa sampo yang tertinggal di pangkal rambut dan kulit kepala bisa bertransformasi menjadi minyak yang tidak baik untuk kesehatan rambut Anda. Mengapa demikian? Sebab minyak-minyak tersebut bisa memicu tumbuhnya ketombe di kulit kepala.
  3. Mengikat rambut saat basah. Biasanya, hal ini terjadi ketika Anda sudah kesiangan dan belum sempat mengeringkan rambut setelah keramas. Agar tidak terlihat berantakan, Anda pun mengikatnya atau bahkan menyanggulnya agar tetap rapi. Eits, perilaku ini sebetulnya salah loh. Sebab rambut pun membutuhkan udara agar bisa ‘bernapas’ dan tumbuh dengan baik. Ketika rambut diikat dalam keadaan basah, maka minyak akan bergumpal di kulit kepala dan menyatu dalam helai rambut.
  4. Sering menggunakan jel atau serum rambut. Anda terbiasa menata rambut Anda dengan jel atau bahkan dengan serum rambut? Ya, efeknya memang terlihat indah dalam sekejap mata. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kandungan kimiawi yang berada di dalam jel dan serum rambut itu justru bisa merusak rambut Anda? Ya, salah satu efek sampingnya adalah membuat rambut Anda lepek dan berminyak. Untuk itu, mulai sekarang, cobalaj untuk menata rambut dengan cara senatural mungkin tanpa bantuan bahan kimia.
  5. Jangan terlalu sering menyisir rambut. Menyisir rambut dengan intensitas yang cukup kering bisa membuat kulit kepala Anda memproduksi minyak secara berlebih. Jika ingin menyisir rambut, usahakan menyisir dengan sisir bergigi renggang karena sisir bergigi rapat dapat membuat rambut Anda menjadi rontok.

Rambut berminyak dan rontok ini memang jadi musuh besar wanita. Nah, semoga dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas bisa membantu mengurangi minyak pada rambut Anda. Selain cara di atas, ada juga satu cara yang dianggap mampu membuat rambut lebih sehat, yakni no-poo, alias keramas tanpa sampo. Cara ini tengah menjadi trend di kalangan wanita, tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. Tertarik mencoba? (Tr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s