properti

Mengenal Jenis Real Estate

Seringkali kita mendengar kata-kata ‘bisnis real estate’ di kehidupan sehari-hari dan di berbagai media. Kita juga pasti sudah tidak asing dengan nama-nama perusahaan real estate di Jakarta seperti Farpoint yang sudah sukses mengembangkan proyek-proyek yang tidak asing lagi di telinga kita seperti Verde, Plaza Mebel, dan Sequis Tower. Tetapi, apakah sebenarnya itu real estate dan bagaimana bisnisnya bekerja?

Real estate adalah properti yang terdiri dari tanah dan bangunan-bangunan di atasnya, dan termasuk juga sumber daya alam seperti pertanian, mineral, atau air. Sementara itu, bisnis real estate adalah bisnis di mana kegiatan utamanya adalah membeli, menjual, atau menyewakan tanah, bangunan, atau perumahan.

Real estate sendiri juga dapat dibagi menjadi beberapa tipe, tergantung penggunaan lahan tersebut. Beberapa contoh tipe real estate antara lain:

Rumah real estate
Rumah real estate
  • Residential real estate adalah tanah yang digunakan untuk tempat tinggal, baik itu perumahan, rumah susun, hingga trailer park yang populer di beberapa negara asing. Daerah-daerah residensial biasanya juga memiliki tempat untuk bisnis-bisnis kecil seperti minimarket dan industri-industri rumah.
  • Commercial real estate adalah tanah atau bangunan yang digunakan untuk kegiatan mendapatkan keuntungan, baik itu dari penjualan barang dan jasa maupun rental. Beberapa contoh real estate komersil adalah gedung perkantoran, properti industrial, hotel, pusat perbelanjaan, dan lahan pertanian.

Tentunya real estate membutuhkan seseorang untuk mengembangkan dan mengelola properti agar dapat digunakan oleh masyarakat. Di sinilah terletak peran perusahaan real estate. Perusahaan real estate seperti Farpoint memiliki pekerjaan yang beragam, mulai dari merenovasi dan menyewakan bangunan hingga menjual tanah dan bangunan ke pihak lain. Perusahaan real estate bertugas untuk membuat ide-ide di kertas menjadi properti yang nyata. Walaupun bisnis real estate berbeda dengan bisnis konstruksi, bisnis real estate juga melibatkan konstruksi, yang biasanya dilakukan oleh kontraktor di luar pihak perusahaan real estate.

Bisnis real estate setiap tahunnya selalu berkembang, karena harga tanah juga biasanya semakin tahun semakin mahal. Karier di bidang real estate juga melibatkan banyak sekali keahlian dan kemampuan, mulai dari arsitek, insinyur, kontraktor, hingga akuntan, sehingga industri real estate menjadi salah satu industri yang paling menggiurkan. (Dana)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s