Kesehatan · kuliner

TURUNKAN BERAT BADAN DENGAN TIRU KEBIASAAN ORANG JEPANG

Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar Jepang? Kota yang berkembang pesat, anime, kehidupan yang rapi dan terstruktur, moda transportasi yang maju, atau apa? Jika jawaban Anda sudah ditemukan dalam hal-hal yang disebutkan di atas, jawaban Anda benar. Namun, apakah Jepang hanya seputar itu saja? Jawabannya tentu saja tidak. Mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi masyarakat Jepang dikenal sangat menjalani gaya hidup sehat loh. Bagaimana tidak, mereka terbiasa berolahraga setiap harinya dengan berjalan kaki atau bersepeda ke mana pun mereka pergi. Di sisi lain, mereka pun juga terbiasa mengatur cara makan mereka loh. Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, yuk simak kebiasaan orang Jepang berikut ini!

Kebiasaan makan sehat orang jepang
Kebiasaan makan sehat orang jepang
  • Makanan yang dimakan hanya berasal dari kekayaan alam mereka. Kalau Anda senang menonton film-film Jepang atau film animasi, pastinya suka memperhatikan bahwa makanan yang dimakan oleh orang Jepang adalah makanan yang berasal dari hasil alam mereka seperti nasi, sayuran, sop miso, buah-buahan dari kebun sendiri, dan juga teh hijau. Inilah yang membuat mereka sehat karena tidak membiarkan bahan makanan yang mengandung zat kimia masuk ke dalam tubuh mereka. Cara penyajian makanannya pun terbilang sederhana, yaitu direbus, dibuat sup, atau ditumis.
  • Tidak berlebihan dengan menuang banyak makanan ke piring. Masyarakat Jepang terbiasa memakan nasi dengan menggunakan mangkuk. Mangkuk yang digunakan pun tidak besar sehingga tidak membuat siapa pun yang memakannya menjadi lapar mata. Piring lauk tersaji di wadah yang berbeda, begitu juga dengan mangkuk sayurnya. Cara makan orang Jepang sangat terstruktur dan ada aturan tertulis di dalamnya yakni: piring tidak diisi sampai penuh, wajib menghabiskan makanan yang tersaji, dan menikmati makanan dengan perlahan.
  • Memasak makanan dengan tepat. Masyarakat Jepang sadar bahwa cara memasak berkaitan dengan kesehatan makanan. Untuk itu, mereka seringnya memasak makanan dengan cara-cara sehat dan tidak menggunakan api dengan temperatur tinggi. Entah sayuran yang disajikan dengan cara dikukus, merebus telur, membuat sop dengan aneka isi, atau memasak ikan dan daging dengan cara diasapkan. Jarang sekali mereka menyajikan makanan dengan cara digoreng sebab mereka sadar bahwa makanan yang digoreng memiliki lemak dan kolesterol berlebih. (Tr)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s