Teknologi

Mengamankan Fisik Data Center

Segala sesuatu yang diperlukan oleh sebuah data center Jakarta biasanya akan dipenuhi oleh provider data center, termasuk masalah keamanan. Tentunya keamanan yang dibicarakan di sini bukann hanya mengenai keamanan datanya saja, tetapi juga keamanan bentuk fisik data center itu sendiri. Ketika sebuah bangunan data center mengalami masalah akibat suatu hal, tentunya server akan mengalami masalah dan ini akan berdampak buruk pada seluruh server milik klien yang ada di data center tersebut.

Mengamankan fisik data center
Mengamankan fisik data center

Berikut ini, adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk mengurangi risiko bahaya pada sebuah bangunan data center:

  • Saat akan memilih lokasi untuk pembangunan data center, hindari lokasi yang beresiko terkena bencana. Misalnya saja seperti disekitar tebing, daerah yang rawan banjir, atau daerah yang terlalu dekat dengan lokasi rawan terbakar (misalnya pombensin).
  • Buatlah pondasi bangunan yang kokoh dan tahan terhadap gempa, serta pilihlah material-material berkualitas yang aman terhadap berbagai bencana. Hal ini sangatlah penting untuk mengurangi risiko bangunan mengalami kerusakan akibat bencana alam. Meskipun saat ini lokasi tersebut aman terhadap bencana, namun kita tidak akan tahu bagaimana kondisi alam beberapa tahun ke depan. Sementara, kita tidak akan bisa dengan mudah memindahkan lokasi data center semau kita.
  • Sebaiknya, jangan bangun data center di daerah yang menjadi pusat keramaian. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan risiko kerusakan bangunan akibat dari kerusuhan, atau sejenisnya.
  • Rancang bangunan data center secara detail termasuk keamanannya jika terjadi sesuatu di dalam ruangan data center. Misalnya saja, batasi jumlah pintu untuk masuk ke dalam ruang data center, dan berikanlah kode pengaman untuk setiap orang yang ingin masuk. Namun, buatlah pintu keluar tanpa kode pengaman untuk memudahkan seandainya terjadi masalah seperti kebakaran.
  • Jangan lupa untuk melengkapi data center dengan sensor pengaman terhadap kebakaran dan juga lengkapi dengan kamera pengawas untuk mengawasi setiap orang yang masuk dan keluar.

Rusaknya gedung memang bisa dsebabkan oleh berbagai hal yang diluar dugaan, namun dengan menerapkan beberapa hal di atas diharapkan risiko tersebut dapat dikurangi. (Yv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s