otomotif

Mendeteksi Adanya Kebocoran Oli

Setiap bagian pada motor memiliki fungsi yang sama pentingnya. Karena itulah, memastikan bahwa setiap bagian pada motor dapat berfungsi dengan baik merupakan hal yang wajib dilakukan pengendara motor. Hal ini sangat penting, karena tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan saat berkendara saja, tetapi juga keamanan pengendara motor. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang hanya terfokus pada masalah oli untuk perawatan motor mereka, tanpa memperhatikan komponen lain pada motor. Misalnya saja, seperti menggunakan oli motor matic untuk motor matic kesayangannya, dan melakukan penggantian oli motor secara rutin.

Oli motor bocor
Oli motor bocor

Memilih oli yang tepat d an menggantinya dengan rutin memanglah perawatan paling mendasar pada motor. Namun, melakukan kedua hal ini akan percuma saja ketika kita mengabaikan komponen lain pada motor. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengendara motor yaitu, terjadinya kebocoran oli pada mesin motor. Ketika motor kita mengalami masalah ini, tentunya sistem pelumasan tidak akan dapat bekerja dengan sempurna. Akibatnya, mesin motor tidak mendapatkan perlindungan secara maksimal dari oli.

Berikut ini, adalah beberapa tanda terjadinya kebocoran oli pada motor:

  1. Jumlah oli motor semakin lama semakin berkurang. Bahkan, jika kebocoran sudah cukup parah, maka oli bisa habis dan akan berdampak pada mesin motor kita. Pada kondisi normal, seharusnya oli pada motor tidak akan berkurang terlalu banyak, apalagi sampai habis.
  2. Jika kita memarkirkan motor kita dalam jangka waktu cukup lama, ada beberapa tetesan berwarna gelap di bawah mesin motor kita. Jumlah tetesan ini, akan bergantung pada seberapa parah kebocoran oli dan lama kita parkit. Semakin parah kondisi kebocoran, maka akan semakin banyak oli yang menetes.
  3. Pada beberapa bagian mesin ,terlihat adanya cipratan oli yang tidak seharusnya. Hal ini, biasanya terjadi jika penutup oli tidak tertutup dengan baik. Selain itu, bisa juga ada kebocoran pada bagian mesin sehingga oli terciprat keluar saat bersirkulasi.

Kebocoran oli ini harus segera diatasi, karena akan dapat merusak mesin jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi, jika kebocoran sudah cukup parah dan membuat oli motor menjadi cepat habis dalam jangka waktu yang singkat. (Yv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s