parenting

Bangun Kecerdasan Bayi dengan Cara Sederhana dan Menyenangkan Ini

Sejak bayi berada dalam kandungan hingga berumur 3 tahun sering disebut dengan istilah “Masa Golden Years”, yakni masa keemasan yang sangat penting bagi perkembangan otak si kecil. Neuron pada bayi berjumlah ratusan milyar, dan mereka saling berhubungan seperti jalan dan jembatan. Makin banyak hubungan neuron yang terjadi, makin pintarlah seorang anak. Suara-suara, warna-warni, bau-bauan, gerak-gerik, hingga sentuhan semuanya dapat membangun hubungan antar neuron dan mempercerdas si kecil. Belajar bicara, jalan, berkomunikasi, motorik, dan kemampuan-kemampuan penting lainnya untuk kehidupannya ke depan akan terbentuk pada masa ini.

Bayi cerdas
Bayi cerdas

Stimulasi otak bayi dapat dilakukan dengan banyak cara, baik untuk meningkatkan kemampuan intelektual maupun kemampuan fisik si kecil. Penelitian juga menunjukkan bahwa lingkungan sangat penting untuk perkembangan bayi merangsang kemampuan bicara bayi, serta kemampuan lain pada bayi.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana dan menyenangkan yang dapat dicoba untuk membangun kecerdasan anak:

  • Perdengarkanlah suara-suara kepada bayi. Panggillah namanya, nyanyikanlah lagu ninabobo dan nursery rhymes, seringlah berbicara dengannya, dan perdengarkanlah lagu-lagu yang menenangkan.
  • Gantunglah mainan-mainan kecil di atas tempat tidur si kecil dan ceritakanlah kepadanya tentang setiap mainan tersebut.
  • Perlihatkanlah berbagai ekspresi wajah kepada si kecil ketika digendong, agar ia bisa belajar mengenai mimik-mimik muka.
  • Taruhlah bayi di depan cermin agar ia bisa melihat dirinya.
  • Berilah ia mainan atau benda-benda kecil yang aman agar ia bisa mengeksplorasi indera perabanya.
  • Ketika ia sudah mulai mengoceh, ulangilah kata-katanya dan cobalah ajari kata-kata baru untuk meningkatkan kemampuan bicaranya.
  • Ketika bayi sudah mulai dapat berdiri, latihlah berjalan dengan memberikan pegangan. Tempatkan beberapa kursi agar ia bisa berpindah dari kursi ke kursi, atau gandenglah ketika ia mencoba untuk melangkah.
  • Mainkanlah permainan ingatan dengan menunjukkan bayi suatu benda atau mainan dan sembunyikanlah untuk ia cari.

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi cara-cara yang dapat dicoba untuk bermain sambil meningkatkan kemampuan otak bayi. Kreativitas orang tua akan sangat membantu perkembangan si kecil dengan membuat permainan-permainan unik agar otak si kecil makin terstimulasi. (Dana)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s