otomotif · properti

Fork pada Alat Berat Forklift

Kalian mungkin sudah cukup kenal dengan alat berat ini, khususnya jika kalian bekerja di bagian pergudangan. Alat berat forklift ini memiliki garpu (fork) dibagian depannya yang berfungsi untuk meletakkan barang yang akan diangkut. Fork ini bisa atur ketinggiannya sesuai kebutuhan, seperti cara kerja lift. Karena itulah, alat ini juga sering digunakan untuk meletakan benda di lokasi yang cukup tinggi. Diantara bagian lainnya pada forklift, bagian fork merupakan salah satu spare part alat berat utama dan terpenting dari forklift.

Forklift Komatsu
Forklift Komatsu

Bagian fork ini memiliki panjang sekitar 2,5 meter, dan bertugas untuk mengangkut semua barang yang ingin dipindahkan. Barang-barang yang ingin dipindahkan, akan disusun di atas palet kayu khusus yang telah disiapkan. Palet kayu ini biasanya berbentuk kotak atau persegi panjang (tergantung kebutuhan) dan memiliki jarak antara permukaan dasar dengan lapisan yayu atas. Besaran jarak ini tidaklah terlalu besar, yang penting bagian fork pada forklift bisa masuk ke dalam lubang ini untuk kemudian diangkat.

Bagian fork yang bertugas mengangkut ini haruslah selalu diperiksa kesiapannya sebelum digunakan, karena bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan kerja pada forklift. Jika bagian ini mengalami keretakan atau masalah yang membuatnya tidak lagi kuat untuk menahan beban, maka tentu saja forklift ini tidak akan berfungsi lagi. Selain itu, penting juga bagi kita untuk selalu melakukan pemeriksaan pada bagian fork sebelum alat ini digunakan, karena akan sangat berbahaya bagi operator maupun orang disekitarnya jika tiba-tiba fork patah saat sedang mengangkut beban.

Ukuran fork pada setiap forklift berbeda, tergantung pada batas kemampuannya mengangkat beban. Semakin kecil ukuran fork, maka akan semakin minim pula kemampuannya. Begitu pula sebaliknya. Karena itulah, pada beberapa perusahaan yang sering menggunakan forklift untuk mengangkat beban cukup berat, biasanya akan menggunakan forklift berukuran cukup besar. Memaksakan forklift berukuran kecil untuk mengangkut bebas diatas kapasitasnya, tidak hanya akan menyebabkan forklift menjadi rusak saja tetapi juga bisa sangat berbahaya. Hal ini bisa membuat beban yang sedang diangkat menjadi jatuh akibat fork yang tidak kuat menahan beban. (Vita)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s