kuliner · Lifestyle

Mengintip Meja Kerja Bartender

Pernahkah terlintas di benak Anda, untuk mengetahui apa saja yang digunakan oleh para bartender ketika meracik minuman? Mungkin ketika berkunjung ke bar dan pesan bir, Anda sering duduk-duduk di bar stool sambil memerhatikan bartender yang tengah beraksi dengan berbagai peralatan khusus. Komponen apa saja kah itu?  Nah, berikut adalah beberapa alat operasional yang biasa digunakan oleh para bartender.

Bartender tools
Peralatan penting bartender

Shaker

Shaker merupakan jenis pencampur minuman yang pastinya sering Anda lihat di bar. Alat ini terdiri atas container dan tutup shaker. Container berfungsi untuk menampung es dan bahan-bahan minuman lainnya dan tutup shaker berfungsi untuk menjaga agar cairan di dalam botol tidak tumpah selama diracik. Shaker sering kali ambil bagian saat bartender melakukan atraksi juggling di bar counter. Ada aturan tersendiri yang harus diperhatikan oleh bartender saat melakukan atraksi juggling dengan menggunakan shaker, yakni tidak boleh terlalu lama karena tekanan di dalam shaker bisa membuka paksa tutup shaker. Beberapa jenis shaker ada pula yang dilengkapi dengan strainer yang berfungsi sebagai penyaring.

Glassware

Gelas tentunya menjadi komponen yang sangat penting dalam bar operation. Tanpa gelas, bartender tidak bisa menyajikan minuman dengan indah dan artistik. Gelas di dalam bar dibedakan menjadi dua golongan yakni stemmed (berkaki) dan unsteemed (tidak berkaki). Hal ini dilakukan untuk menyajikan minuman dingin agar tidak mudah berubah suhunya. Gelas berkaki digunakan untuk menyajikan minuman dingin tanpa es dan gelas yang tidak berkaki untuk menyajikan minuman dengan es.

Bar supplies

Bagian ini berisi bahan-bahan pelengkap dari sebuah minuman. Bar supplies sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu garnish yang berisi buah-buahan untuk pemanis minuman; groceries yang berisi campuran untuk minuman seperti cinnamon, nut meg,  dan cengkeh; mixes yang terdiri dari botol-botol berisi cairan pencampur minuman seperti sari buah, sirup, susu, dan krim; serta rak berisi elemen penyajian lainnya seperti napkin, tisu, sedotan, fruit stick, hingga pengaduk minuman.

Di antara sekian banyak bar equipment yang digunakan bartender, ketiga alat di atas adalah komponen yang p aling esensial, sehingga kehadirannya wajib ada di setiap working bench. (TR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s