aneh · Lifestyle

Trend Challenge Kontroversial di Sosial Media

Social media memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa mendapatkan berbagai informasi bermanfaat seperti cara menghentikan tangisan bayi, atau informasi lainnya yang di share oleh user lain di social media. Apalagi, ditambah dengan provider internet yang sudah semakin cepat, mengakses social media pun jadi lebih mudah. Selain sebagai media untuk berbagi, media sosial juga biasa dimanfaatkan untuk kampanye kepedulian. Misalnya saja #IceBucketChallenge untuk kampanye kepedulian terhadap penyakit ALS. Namun, tentu saja tidak semua trend kampanye ini memiliki tujuan yang baik. Beberapa trend yang berkembang belakangan ini bahkan mengundang kontroversi entah karena pesan negatif yang disampaikan atau pun karena akibat buruk yang bisa ditimbulkannya.

Cinnamon Challenge 

cinnamon challenge
Cinnamon challenge

Cinnamon challenge melibatkan satu sendok penuh bubuk kayu manis dan satu orang yang dengan rela membiarkan dirinya tercekik karena berusaha menelan bubuk tersebut, dalam satu menit, tanpa minum dan tanpa memuntahkannya. Sebelum populer di Youtube pada tahun 2011-2013, challenge ini ternyata sudah pernah populer di media non-youtube satu dekade sebelumnya. Tidak diketahui siapa yang pertama kali memulai challenge ini, namun kebanyak mereka yang melakukannnya adalah anak-anak muda yang merasa tertantang oleh teman-temannya.

Meski kayu manis sering kita temukan pada makanan dan aman dikonsumsi dalam jumlah sedikit, menelan bubuk kayu manis dalam jumlah banyak bisa sangat berbahaya pada kesehatan. Bubuk kayu manis dapat menyerap cairan dalam mulut yang bisa menyebabkan mereka yang menelannya merasa mual dan ingin muntah. Selain itu, bubuk kayu manis yang terhirup bisa menyebabkan paru-paru terasa terbakar yang bisa berakhir pada kegagalan paru-paru dan pneumonia. Tidak sedikit mereka yang melakukan challenge ini berakhir di rumah sakit karena harus mendapatkan penanganan medis yang serius.

#KylieJennerChallenge 

KylieJennerChallenge
KylieJennerChallenge

Model berusia 18 tahun ini tidak hanya terkenal karena merupakan anggota keluarga klan Kardashian, namun juga karena bibirnya yang penuh dan seksi, yang katanya, sih, tidak pakai operasi. Begitu banyaknya anak remaja, terutama perempuan, yang menginginkan bibir sepenuh Kylie, hingga akhirnya munculah #KylieJennerChallenge yang populer di instagram, vine, dan twitter. Challenge ini cukup mudah, siapkan satu gelas kecil, kemudian tutupi seluruh bibir gelas tadi. Sedot semua udara dalam gelas dengan menggunakan mulut sehingga gelas menempel tanpa perlu ditahan dengan tangan, dan biarkan selama beberapa saat. Sayangnya, bukan bibir indah Kylie Jenner yang didapat, namun kebanyak justru berakhir dengan bibir yang bengkak dan membiru karena terjepit mulut gelas. Bahkan beberapa orang harus dilarikan ke rumah sakit karena challenge ini.

Herannya, meski banyak video yang berakhir dengan kegagalan, tidak menyurutkan mereka yang tetap ikut-ikutan melakukan challenge ini. Untungnya, trend ini berakhir setelah Kylier mengakui ia melakukan operasi plastik untuk mendapatkan bibirnya yang indah itu.

#DontJudgeChallenge

DontJudgeChallenge
DontJudgeChallenge

#DontJudgeChallenge atau dalam bahasa Indonesianya kurang lebih berarti “Jangan lihat buku dari sampulnya”, pada awalnya memiliki tujuan untuk melawan body shaming. Maksudnya, agar semua orang tidak malu dan dapat menerima kekurangan fisik pada dirinya serta menghargai kekurangan pada juga orang lain. Sayangnya, challenge yang populer pada pertengahan tahun ini justru berubah menjadi mencemooh mereka yang memiliki kekurangan fisik.

Pasalnya, mereka yang melakukan challenge ini biasanya mengawali dengan mencorat-coret muka mereka dengan bintik-bintik menyerupai jerawat. Ditambah dengan alis tebal dan gigi yang dihitamkan. Setelah itu, mereka tiba-tiba berubah menjadi diri mereka yang cantik, full make-up. Seakan-akan mengatakan bahwa jerawat, alis tebal, serta kekurangan lainnya merupakan sesuatu yang memalukan.

Bagaimana menurutmu mengenai challenge-challenge tersebut? (raw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s