parenting

Belajar Bahasa Inggris Lebih Awal Lebih Baik

Salah satu hal yang dipengaruhi oleh globalisasi adalah, meningkatnya kebutuhan penggunaan bahasa Inggris dalam banyak hal. Dari sekolah, hingga dunia kerja. Sekarang, bahasa Inggris merupakan bahasa wajib di beberapa sekolah dan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kelulusan siswa. Dalam dunia kerja pun, tidak sedikit perusahaan yang hanya akan menerima pelamar yang fasih berbahasa inggris. Karena hal ini, tidak sedikit orang tua yang mengajak anaknya belajar bahasa Inggris dasar sejak dini sebagai persiapan menghadapi dunia sekolah dan kerja. Namun, orang tua tetap harus membantu dan membimbing anak dalam masa pembelajarannya. Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu anak belajar bahasa Inggris:

Belajar bahasa Inggris dasar untuk anak
Belajar bahasa Inggris dasar untuk anak

 

  • Biasakan anak mendengar Bahasa inggris di sekitarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan 2 cara:
    • Orang tua dapat menggunakan Bahasa inggris dalam aktifitas sehari-hari, saat berbicara dengan suami/istri, ataupun dengan anak.
    • Melalui media seperti tv. Kita bisa memperdengarkan anak kita lagu-lagu ataupun tayangan berbahasa inggri. Kita juga dapat menyanyikan sendiri lagu-lagu berbahasa inggris, atau menceritakan cerita-cerita berbahasa inggris.
  • Dengan permainan. Permainan ini bisa berupa permainan aktifitas yang dilakukan bersama orang tua, saudara atau teman, atau bisa juga permainan seperti video games.
  • Memberikannya buku berbahasa inggris. Buku yang dapat kita berikan ke anak juga bermacam-macam, bisa berupa buku cerita, buku permainan, dan lainnya.
  • Belajar dengan pengajar berprogram. Hal ini lebih lazim disebut les, atau les privat. Dalam hal ini kita memiliki pilihan berikut:
    • Les private. Dengan ini, anak dapat belajar dengan lebih nyaman dan tidak terburu-buru, anak juga lebih mudah berkonsentrasi.
    • Les di ruang kelas. Les ini cocok untuk anak yang senang bersosialisasi.
    • Belajar dengan orang tua atau saudara maupun kerabat. Kegiatan ini lebih ekonomis, namun perlu diperhatikan beberapa hal. Kegiatan belajar harus dilaksanakan secara rutin, pengajar (orangtua ataupun saudara maupun kerabat) harus menguasai perencanaan pembelajaran, dan tentunya pengajar juga diwajibkan menguasai Bahasa Inggris.
  • Koreksi dengan halus. Koreksi segala kesalahan dengan kesabaran. Kesalahan dalam belajar itu merupakan suatu kewajaran.

Jangan lupa untuk terus memotivasi anak. Memotivasi anak bisa dengan hadiah saat mereka menjawab benar, dan dorongan verbal atau konsolidasi jika mereka menjawab dengan salah. (RR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s