Hobi

Beragam Manfaat Kesehatan Bersepeda

Bersepeda masih merupakan salah satu olahraga yang populer dan bahkan menjadi semakin populer beberapa waktu belakangan ini, entah itu bersepeda dengan sepeda biasa ataupun sepeda MTB (mountain bike) alias sepeda gunung. Mengapa begitu? Mengetahui banyaknya keunggulan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bersepeda, tingginya kepopuleran aktifitas ini sangatlah wajar. Apa sajakah keunggulan-keunggulan ataupun manfaat-manfaat tersebut?

Manfaat kesehatan bersepeda
Manfaat kesehatan bersepeda

Lebih Ekonomis

Harga sebuah sepeda bisa dibilang relatif tinggi, namun setelah membeli sebuah sepeda, kita dapat bersepeda hampir dimana saja. Biaya perawatan rutin yang dibutuhkan juga tidaklah memberatkan, dan yang kita butuhkan hanyalah air dan makanan ringan selama perjalanan. Sepeda juga dapat dijadikan sebagai alat transportasi alternative untuk perjalanan jarak dekat, sehingga membuat kita lebih hemat.

Menyegarkan

Efektif untuk mereka yang lelah dan lesu, mengayuh sepeda beberapa menit dapat menyegarkan dan membugarkan tubuh serta meningkatkan semangat.

Membakar lemak

Seperti jenis olahraga lainnya, bersepeda juga dapat membakar lemak, sehingga aktifitas ini bagus untuk menurunkan badan.

Membuat tubuh fit secara rutin

Jika dilakukan secara rutin, tubuh akan selalu fit. Tidak perlu berlama-lama, 10-20 menit bersepeda tiap hari sangatlah bagus untuk menjaga badan senantiasa fit.

Mencegah kanker dan serangan jantung

Dengan terus mendorong sel sel tubuh untuk bekerja, bersepeda akan mengurangi kemungkinan kita terjangkit kanker, dan ini berlaku bagi pria ataupun wanita. Dan bersepeda membuat jantung kita sibuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan dengan demikian menjauhkan kita dari serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. Selain itu, gerakan mengayuh juga dapat memperlancar pencernaan.

Baik untuk ibu hamil

Bersepeda bahkan bahkan bisa dilakukan secara rutin oleh semua ibu hamil. Tentu saja sepeda yang dimaksud adalah sepeda santai yang nyaman dan aman. Gerakan mengayuh sepeda memperlancar peredaran darah dan memperkuat otot badan bagian pinggang ke bawah, hal ini akan memperlancar proses persalinan dan menjaga ibu tetap bugar bahkan hingga setelah melewati proses persalinan. Namun patut diperhatikan, bersepedalah di lingkungan aman yang tidak banyak rintangan ataupun kendaraan lain, dan lakukan dengan santai. Hindari aktifitas ekstrem seperti bersepeda gunung.

(RR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s