Entertainment · Hobi

Yuk, Intip 4 Buku Terkecil di Dunia Ini

Bagi kamu yang suka membaca, mengoleksi buku tampaknya sudah menjadi kegiatan wajib untuk memenuhi hasrat haus informasi tersebut. Buku-buku mulai dari buku lokal, impor, hingga klasik, semuanya tertumpuk rapi dalam rak buku di rumah kamu. Bahkan, saking banyaknya buku yang dikoleksi, tidak jarang meja ruang tamu kamu dipenuhi juga dengan buku-buku. Duh, susah deh. Mau simpan di mana lagi, ya? Pastinya, akan lebih seru lagi ya kalau buku hadir dalam ukuran yang lebih mini sehingga tidak makan tempat saat disimpan! Eeeh, memangnya ada buku berukuran kecil?

Well, ternyata di dunia ini ada loh buku-buku yang ukurannya sangat mini!

Shiki no Kusabana  

Sesuai dengan namanya yang berarti Flowers of Season, buku mungil ini berisi ilustrasi tentang bunga-bunga yang ada di Jepang berikut dengan nama jenisnya. Buku yang memiliki ketebalan 0,74 mm ini  dijual sepaket dengan kaca pembesar. Shiki no Kusabana memiliki tebal halaman sebanyak 22 halaman dan masuk ke dalam Guiness World Record untuk kategori Smallest Reproduction of a Printed Book.

Chekhov’s Chameleon

Percaya atau tidak, buku ini memiliki ukuran sangat mungil dengan persentase 0,9 mm x 0,9 mm. Konon, buku dengan tebal 30 halaman dan dilengkapi dengan 3 gambar ilustrasi ini hanya dicetak terbatas dengan jumlah 100 kopi. Chekhov Chameleon, yang ditulis oleh Anatoly Ivanovich Konenko ini terbit pada tahun 1996. Bukunya berhasil masuk ke dalam daftar Guiness World Record untuk kategori Creating The Worlds Smallest Book. Anatoly sendiri hingga saat ini dikenal sebagai seniman yang khusus membuat buku-buku terkecil.

Teeny Ted from Turnip Town

Jika dua buku di atas sudah membuat kamu takjub saking kecilnya, maka buku yang berikut ini akan membuat kamu ternganga. Yep, buku berjudul Teeny Ted from Turnip Town ini memiliki tebal 0,07 mm dan ditulis oleh Malcom Douglas Chaplin. Terbit tahun 2007, buku ini diproduksi oleh Nano Imaging Laboratory dari Simon Fraser University di Vancouver sebanyak 100 eksemplar saja. Pada tahun 2012, buku ini kembali terbit dalam ukuran normal.

Old King Cole

Tidak seperti pendahulunya yang sempat dijual bebas, buku Old King Cole ini merupakan koleksi dari US Library of Congress. Tebalnya hanya 0,01 mm x 1,01 mm dan sangat mungil sekali. Untuk membaca buku ini, kamu perlu pinset sebagai alat bantu dan juga kaca pembesar. Tentunya, kamu pun harus ekstra hati-hati supaya tidak merusak halamannya.

Wah, ternyata buku yang ada di dunia ini sangat beragam, ya! Tertarik untuk mengoleksi buku-buku mini ini? J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s