Lifestyle · tips n triks

Jangan Lakukan ini pada Kartu ATM

Kamu pasti kenal dong dengan kartu ATM? Bahkan, mungkin kamu punya lebih dari satu kartu, sesuai dengan jumlah rekening yang kamu miliki. Yap, saat ini memang semakin banyak orang yang memiliki lebih dari satu rekening, untuk berbagai keperluan. Apalagi, dengan semakin bertambahnya bank yang menyediakan fasilitas kartu ATM custom, yaitu kartu ATM dengan gambar yang bisa disesuaikan dengan selera nasabahnya. Desain gambar pada kartu ini akan di cetak dengan printer yang dibeli dari toko jual printer ID Card, sesuai dengan gambar yang dipilih oleh nasabahnya.

Baik kartu ATM dengan gambar standar, maupun custom desain sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melakukan transaksi perbankan melalui mesin ATM (Automatic Teller Machine). Selain itu, cara kerja dan kualitasnya pun bisa dikatakan serupa, hanya ketebalan kartunya saja yang mungkin akan berbeda. Karena memiliki kesamaan, artinya keduanya sama-sama sensitif dan membutuhkan penjagaan yang tepat agar dapat selalu digunakan kapanpun dibutuhkan.

Tempat menaruh kartu ATM yang aman
Tempat menaruh kartu ATM yang aman

Untuk menjaga kartu ATM agar tidak mudah rusak, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari:

Menaruh ATM dengan benda lain

Beberapa dari kamu mungkin senang menyimpan kartu ATM di dalam sebuah dompet kecil, dan kemudian menggabungkannya dengan beberapa benda lain. Alasannya sederhana, karena mudah dan praktis. Memang sih, mungkin cara ini akan terasa praktis, tapi sebenarnya berisiko membuat kartu ATM-mu rusak. Karena, berbagai benda yang berada dalam dompet tersebut mungkin saja akan menggesek magneticstrip yang ada pada kartu ATM. Akibatnya, magnetic strip akan mengalami kerusakan dan tidak lagi mampu terbaca oleh mesin.

Menaruh dompet berisi ATM di kantung belakang

Kebiasaan ini, umumnya dilakukan oleh kamu yang berjenis kelamin laki-laki, yaitu menaruh dompet di saku celana bagian belakang. Kebiasaan ini kelihatannya tidak berbahaya, tapi tahukah kamu bahwa ini tidak baik untuk kesehatan, dan sekaligus merusak benda yang ada di dalam dompet kamu. Terutama, jika kamu tetap menyimpan dompet di saku belakang saat kamu sedang duduk. Berbagai kartu yang ada di dalam dompetmu semakin lama bisa semakin bengkok, dan bahkan bisa patah.

Pasti kesalkan saat kamu ingin melakukan transaksi dengan kartu ATM, tapi ternyata tiba-tiba kartumu rusak dan tidak dapat digunakan. Karena itu, pastikan untuk menjaga kartu ATM agar dapat selalu digunakan yah. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s