informasi umum

Daftar Kota Termahal di Dunia Tahun 2016

Jika biaya hidup untuk tinggal di unit available apartment in Jakarta saja sudah sangat mahal menurut versi kamu, maka kamu akan terkaget-kaget ketika melihat biaya hidup di di beberapa kota ini. Pasalnya, kota-kota yang ada di dalam daftar berikut ini memiliki pamor sebagai kota temahal di dunia. Pamor ini tentunya didapat bukan tanpa alasan. Sudah ada penelitian resmi yang dirilis oleh Economist Intelligence Unit tentang “Worldwide Cost of Living” yang dirilis setiap dua kali dalam setahun. Hasil surveinya sendiri didapat dari perbandingan 400 harga individual 160 produk dan jasa di 133 negara. Harga yang diperbandingkan adalah makanan, minuman, pakaian, biaya kesehatan, harga sewa rumah, transportasi, pendidikan, jasa asisten rumah tangga, dan juga biaya rekreasi. Sampel yang diambil adalah 50.000 harga individual yang dikumpulkan dalam tiap-tiap survei.

Gimana, udah penasaran untuk mengetahui kota-kota mana dengan biaya hidup termahal versi EIU? Dilansir dari hasil survei EIU tentang “Worldwide Cost of Living Survey 2016”, berikut ini adalah daftar 10 Kota Termahal di Dunia. Yuk, kita intip negara mana saja yang masuk ke dalam daftar ini:

Singapore kota termahal di dunia
Singapore kota termahal di dunia
  1. Singapura
  2. Zurich
  3. Hong Kong
  4. Jenewa
  5. Paris
  6. London
  7. New York
  8. Los Angeles
  9. Kopenhagen
  10. Seoul

Berdasarkan hasil survei tersebut, ternyata kota-kota besar seperti New York, London, dan Paris tetap berada di dalam daftar daftar. Hanya saja, yang mencengangkan adalah masuknya Singapura ke dalam daftar dan berhasil menempati posisi teratas. Singapura diklaim menjadi Kota Termahal di Dunia karena biaya transportasi dan biaya utilitas yang tinggi bagi tiap individunya. Di kota ini, harga sebuah mobil sangatlah mahal karena diatur oleh sistem Sertifikat Pembagian Hak Singapura yang cukup kompleks. Ditambah lagi, konon biaya transportasi umum di Singapura lebih tinggi 2,7 lipatnya dibanding New York. Hanya saja, dari segi pangan dan bahan dasar lainnya, Singapura memang memiliki harga yang lebih rendah dibanding pesaing lainnya di Asia, seperti Seoul, Hong Kong, dan juga Tokyo.

Di sisi lain, kenaikan posisi Hong Kong yang berada di posisi tiga pun ternyata sudah bisa diprediksi, dilihat dari kenaikannya selama 7 peringkat dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. (TR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s