Kesehatan · Lifestyle

Don’t Rewards Yourself with Food, You’re not a Dog

See the title above? Yeah, saya menemukan quote ini waktu saya sedang iseng-iseng mencari arti dari rewards atau penghargaan. Dan quote itu entah mengapa langsung menusuk saya. Ya, saya akui, setiap kali saya berhasil menyelesaikan sesuatu pekerjaan yang penting, makanan merupakan salah satu rewards yang saya berikan pada diri saya sendiri. Yup, saya memilih makanan untuk menghormati pencapaian yang saya buat sendiri.

Kenapa saya memilih makanan sebagai bentuk penghargaan bagi diri saya sendiri? Sebelum masuk ke situ, saya ingin lebih dulu membicarakan mengenai pentingnya artinya penghargaan atau rewards dan kenapa saya memberikan rewards itu kepada diri saya sendiri. Pertama, rewards atau penghargaan merupakan suatu bentuk pengakuan atas usaha atau kesuksesan yang diraih oleh seseorang. Penghargaan penting sekali diberikan karena dapat memacu kita untuk lebih giat dalam bekerja dan berkarya. Karena itulah, penghargaan menurut saya merupakan hak yang wajib diberikan kepada mereka yang berhak untuk mendapatkannya.

Sewajarnya, penghargaan diberikan oleh orang lain kepada kita, sebagai bentuk penghormatan kepada usaha kita yang sudah mati-matian tersebut. Nah, sayangnya, tidak semua orang sadar dengan pentingnya penghargaan ini. Tidak semua orang memberikan penghargaan yang layak atas usaha tersebut. Karena itulah, daripada saya kepaitan sendiri, alias galau-galau sendiri merasa “Kok segini aja pak/bu usaha saya dihargain?” mending saya rayakan sendiri saja pencapaian tersebut dengan memberikan rewards buat diri saya. Yup, makanan jadi pillihan utama saya.

Me everytime I see food
Me, every time I see food

Kenapa makanan? Karena banyak alasan.

  • Pertama saya sukaaa sekali makan, yeah, nothing beats food for your hungry soul!
  • Kedua, karena rewards dengan makanan merupakan rewards yang paling mudah untuk diwujudkan. Saya tinggal datang ke restoran yang saya ingin coba makannya, atau kalau malas saya tinggal pesan saja dengan delivery service. Kadang, kalau saya sedang kreatif, saya bisa saja memasak sendiri di rumah.
  • Ketiga, harganya tidak terlalu mahal. Yeah, bandingkan saja harga satu daging steak dengan harga satu perangkat smartphone misalnya, jauh bukan? Malah, kadang rewards makanan yang pilih memiliki harga yang murah sekali, misalnya saja coklat dan makanan ringan lainnya.
  • Keempat, rewards ini tidak memakan waktu lama. Maksud saya, bandingkan saja dengan rewards berupa liburan misalnya, yang pastinya akan memakan waktu tidak hanya sehari saja kan?

See, alasan yang masuk akal bukan? Tidak salah,kan, kalau saya memilih makanan sebagai rewards buat diri saya sendiri? Sayangnya, saya salah, saudara-saudara. Hancur deh rasanya hati saya waktu tahu kalau memberikan rewards berupa makanan ternyata disamakan dengan anjing. You know, karena setiap kali anjing peliharan berhasil melakukan satu trik, biasanya pemilikinya memberikan makanan atau snack sebagai rewardsnya. Tapi saya akhirnya menerima kenapa kita tidak boleh memberikan rewards berupa makanan buat diri sendiri.

Memberikan rewards berupa makanan kepada diri sendiri ternyata bisa memberikan dampak buruk terutama pada kesehatan. Mulai dari resiko obesitas, sampai resiko diabetes, karena kandungan gula yang terkandung dalam makanan tersebut. Intinya, sebaiknya hindari rewards makanan ini bila kamu tidak mau menderita masalah kesehatan.

Lalu, rewards apa dong yang bisa diberikan pada diri sendiri kalau begitu? Tenang ada banyak kok, beberapa bisa nih dicontoh:

  1. Jalan-jalan, tidak perlu jauh-jauh sampai ke seberang pulau sih. Cukup jalan-jalan saja ke tempat-tempat menarik di sekitar rumahmu saja.
  2. Potong rambut, sekalian coba model rambut baru, ganti penampilan.
  3. Beli buku baru, buku yang sudah lama kamu incar atau penasaran ingin kamu baca tapi ragu beli karena saking mahalnya.
  4. Pijat, hmmm… yang ini beneran deh, rewards yang sangat worth it. Semua rasa pegal dan lelah kamu bakalan hilang, dan badan jadi segar kembali.
  5. Voucher belanja, nah ini cocok banget buat yang suka belanja. Kamu bisa membeli voucher belanja Sodexo dan membelanjakannya di ribuan vendor merchant Sodexo di seluruh Indonesia.

See, so many option you could choose selain makanan! So, saya bertekad tidak akan lagi memberikan rewards berupa makanan pada diri saya sendiri. Demi kesehatan, demi lingkar pinggang yang mulai meronta saat dipakaikan jeans.

Tinggalkan Balasan

