KUR · Teknologi

Mengenal Beberapa Model Mesin Rice Milling

Pada tau gak nih apa itu mesin rice milling? Mesin rice milling sendiri merupakan salah satu alat industri, yang digunakan untuk menggiling padi menjadi butiran beras. Biasanya, mesin rice milling ini akan kita temukan di tempat penggilingan padi yang terdapat di desa, yang memiliki bentangan sawah yang tidak terhingga banyaknya. Meskipun hanya banyak ditemukan di desa, tapi ada juga lho kota-kota besar yang masih memanfaatkan mesin yang satu ini untuk menggiling padi.

Namun, tahukah kalian? Ternyata mesin rice milling ini, memiliki banyak model dengan pengerjaan yang berbeda tentunya. Berikut kami rangkum beberapa diantaranya. Yuks, langsung saja disimak!

alat-rice-milling

  1. Mesin rice milling

Mesin rice milling manual adalah mesin untuk menggiling padi, yang penggunaannya menggunakan sebuah alu atau lesung. Cara menggunakannya pun tergolong mudah, dimana padi dimasukkan ke dalam lesung atau alu dan ditumbuk menggunakan sebuah pukulan. Pembersihan ampas beras dilakukan dengan sebuah tampi yang terbuat dari bambu, dan beras yang dihasilkan akan sedikit hancur.

  1. Mesin rice milling satu step (single phase)

Menggunakan mesin rice milling yang model seperti ini, akan semakin mempermudah ketika menjadikan padi berupa beras. Mesin yang satu ini, akan langsung mengupas ampas padi dan dikeluarkan melalui sebuah lubang bagian belakang yang terdapat di mesin ini. Lalu, beras akan keluar di sebuah lubang bagian bawah mesin rice milling.

  1. Mesin rice milling dua step

Mesin yang digunakan untuk menggiling padi model dua step ini sangatlah unik. Dimana, ketika memasukkan padi ke dalam mesin, maka gabah padi akan terpisah dengan berasnya. Dan, hasil beras yang dikeluarkan akan sangat bagus hingga 60 sampai dengan 65%.

  1. Mesin rice milling multi pass

Hasil yang diberikan oleh mesin penggilingan padi yang satu ini sangatlah bagus, yang mana jenis friksi dan abrasi bersatu dalam mesin. Ketika menggiling padi di mesin ini, resiko maupun kerusakan tidak akan terjadi pada proses penggilingan. Untuk hasil beras yang diberikan oleh mesin multi pass ini, tentunya lebih bagus dibandingkan dengan yang lainnya.

Itulah beberapa model mesin rice milling yang akan digunakan untuk menggiling padi dan diubah menjadi beras. Semoga bermanfaat! –SH–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s