rumah · tips n triks

Hati-hati Benda Ini Bisa Sebabkan Kebakaran di Rumah

Asuransi kebakaran menjadi hal penting yang harus dimiliki, karena kebakaran bisa menimpa kapan saja tanpa Anda sadari. Apalagi, kebakaran di rumah bisa sangat mudah disebakan oleh benda-benda yang sering Anda gunakan sehari-hari, bila lalai dalam menggunakannya.

Ini daftar benda-benda di rumah Anda yang dapat menyebakan kebakaran bila Anda lalai dalam menggunakannya.

penyebab kebakaran di dapur
penyebab kebakaran di dapur

Peralatan memasak

Kompor, minyak, dan gas, merupakan benda-benda yang biasa Anda gunakan dalam memasak dan merupakan penyebab kebakaran paling sering pada rumah Anda. Tidak sedikit kejadian kebakaran di rumah yang disebabkan oleh kelalaian sendiri seperti meninggalkan kompor dalam keadaan menyala, atau karena ada kebocoran gas. Untuk menghindari kebakaran yang disebabkan oleh peralatan dapur ini sebenarnya tidak begitu sulit. Jangan sekali-kali meninggalkan kompor dalam keadaan menyala, meski hanya sebentar saja. Kalaupun harus ditinggalkan, sebaiknya matikan kompor. Selain itu, lakukan pemeriksaan terhadap instalasi kompor Anda, terutama kompor gas. Pastikan selang gas dalam keadaan baik, tidak ada kerusakan, dan tetpasang dengan baik pada tabung gas. Hindari juga meninggalkan barang-barang yang mudah terbakar dekat dengan kompor, misalnya lap atau sarung tangan untuk oven.

Rokok

Selain dapat merusak kesehatan, rokok juga bisa menjadi penyebab kebakaran di rumah. Merokok di atas kasur, sofa, atau karpet, membuang sisa abu rokok yang belum benar-benar mati bisa menyebabkan kebakaran besar di rumah Anda. Karena itulah, sebaiknya jangan merokok di dalam rumah, dan pastikan bara api di abu rokok sudah benar-benar padam ketika di buang ke tempat sampah.

Lilin

Entah digunakan untuk aromaterapi atau sebagai penerangan ketika mati lampu, lilin yang ditinggal dalam keadaan menyala tanpa pengawasan mudah sekali menimbulkan kebakaran di rumah. Meski menggunakan tatakan atau holder, lilin dapat dengan mudah tersenggol dan merambat pada benda-benda di sekitarnya. Untuk pencegahan, selalu padamkan lilin setelah digunakan, dan jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar.

Peralatan listrik

Kebakaran yang diakibatkan oleh penggunaan peralatan listrik yang tidak sesuai dengan standar, atau konsleting listrik pasti bukan hal yang asing lagi. Pemadaman kebakaran karena listrik ini juga harus dilakukan dengan hati-hati karena bila dilakukan dengan air bisa saja menyebabkan si pemadam tersengat oleh aliran listrik tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah korsleting listrik terjadi di rumah, misalnya dengan tidak menggunakan stop kontak melebihi muatan, memastikan tidak ada kabel peralatan listrik yang terkelupas, dan menghindari menggunakan peralatan listrik yang sudah rusak.

Kebanyakan orang tidak sadar betapa cepatnya api bisa menyebar dalam kebakaran di rumah. Karena itulah, akan lebih baik untuk selalu waspada demi mencegah terjadinya kebakaran di rumah Anda. (Raw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s